BERITA

Suasana pembahasan Renstra di hotel Redtop Jakarta

Renstra Pembahasan Isu-Isu Strategis Bidang Agama

Jakarta, (Bimas Hindu) Bagian perencanaan Ditjen Bimas Hindu menyelenggarakan kegiatan penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) tahun 2020-2024. Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh-tokoh Agama Hindu dan pejabat Ditjen Bimas Hindu ini dibuka oleh Sekretaris Ditjen Bimas Hindu, Made Sutresna (27/8).

Kegiatan yang diadakan di Jakarta berlangsung selama dua hari membahas tentang isu-isu strategis di bidang Agama. I ketut Donder selaku tim perumus penyusunan Renstra memaparkan tentang peningkatan layanan kehidupan beragama dan konsep layanan kehidupan beragama

“penyebab terjadinya konflik karena adanya : perbedaan pemahaman, perbedaan praktik beragama, intoleransi, kompetisi, kontestasi, dan konflik professional”, Ujar Donder

Donder juga mengatakan bahwa peningkatan layanan kehidupan beragama sangat penting. Banyak cara yang dapat dilakukan, seperti menekankan pada bagaimana strategi perluasan jangkauan pelayanan kepada umat, meningkatkan peran lembaga sebagai mitra pemerintah dalam memperluas jangkauan pelayanan dan beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kehidupan beragama. 

I Nengah Dana, tokoh agama Hindu dan narasumber dalam acara ini mengatakan bahwa kerukunan intern masyarakat Hindu harus dimulai dari diri sendiri. “beberapa langkah operasionalyang harus dilakukan untuk menjaga kerukunan umat yaitu : kondisi social, deografi, organisasi keagamaan dan membentuk kelompok sasaran masyarakat binaan suatu wilayah” ujarnya
Untuk membangun ekonomi masyarakat Hindu, dihadirkan juga I Wayan Ramantha yang memaparkan materi potensi ekonomi keagamaan Hindu simbolis mutualistik agama dan ekonomi.

Wayan Ramantha menyebutkan bahwa Agama Hindu sarat akan budaya, sebetulnya banyak mengandung pemikiran ekonomi, disinilah pemerintah harus berperan aktif dalam pembangunan ekonomi masyarakat.  “dari segi konsumsi pemberdayaan produk lokal untuk konsumsi ritual perlu dibudidayakan, menggunakan produk lokal dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar”, jelas ramantha.

Diakhir acara diharapkan bahwa pertemuan ini dapatmenghasilkan sesuatu yang bisa berguna untuk umat beragama dalam hal ini untuk umat Hindu pada khususnya (dw)

.