BERITA

Tarian Massal Pembukaan FTIK Ke IX

Kontingan 11 Kabupaten/Kota Meriahkan Pembukaan FTIK Ke-IX Provinsi Kalimantan Tengah

Rangkaian pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) ke IX Provinsi Kalimantan Tengah yang diselenggarakan di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur berlangsung meriah, Rabu (28/11/2018) malam.

Kegiatan Festival Tandak Intan kaharingan (FTIK) dilaksanakan secara berjenjang oleh Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Pusat Palangka Raya (1 kali dalam 2 tahun) ,diikuti dengan total peserta mencapai 1.210 yang terdiri dari Kabupaten Gunung Mas, Katingan, Barito Utara, Murung Raya, Barito Selatan, Kapuas, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Lamandau, Barito Timur dan Kota Palangka Raya

Ketua LPT-IK Parada LKDR menjelaskan Festival ini sebagai upaya dalam menanamkan nilai-nilai ajaran agama Hindu Kaharingan dan memberikan Pemahaman serta Penghayatan terhadap Kitab Suci Panaturan sebagai Kitab Suci Agama Hindu Kaharingan maupun terhadap pelaksanaan Upacara sesuai dengan Keyakinan Umat Hindu Kaharingan.

Adapun Cabang lomba yang diperlombakan yaitu Lomba Kandayu, Pembacaan Kitab Suci Panaturan, Tandak-Menandak, Cerdas Cermat, Pandehen (Siraman Rohani), Vokal Group Lagu Rohani dan Karungut, Lomba Tarian serta Lomba Membuat Sarana Prasarana Upacara.

“Para Pemenang dari beberapa cabang lomba FTIK Ke-IX akan diberangkatkan mengikuti Event Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XIV yang akan dilaksanakan di Ambon, Provinsi Maluku pada 2020 Mendatang. Ucap Parada

Tak lupa juga, Beliau menyampaikan terimaksih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung FTIK ke-IX, terutama pada pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur serta masyarakat Tamiang Layang yang antusias menyambut kegiatan ini. Tutupnya

Rangkaian FTIK Ke-IX ini dimulai dengan Rangkaian Perlombaan  yang menjadi kegiatan utama yang dilaksanakan di 3 lokasi berbeda, dilanjutkan dengan pawai pada 28Nopember 2018  serta Pembukaan.

Mewakili Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, kasubdit kelembagaan I Putu Suartama menyampaikan dengan adanya FTIK memberikan ruang besar bagi umat Hindu Kaharingan dalam melestarikan adat dan budaya serta menjaga warisan Leluhur.

‘Mari kita jadikan festival tandak ini sebagai ajang dalam meningkatkan potensi-potensi Seni yang akan mewarnai wajah Kalimantan Tengah serta dengan dilandasi semangat, saya mengajak seluruh peserta lomba untuk tetap menjunjung Nilai-nilai sportifitas dan kejujuran” ungkapnya

Sambutan Gubernur Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas sekaligus membuka secara resmi kegiatan FTIK ke IX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018.

“Dengan terselenggaranya FTIK ke IX  dari tanggal 26 s/d 30 Nopember 2018, Umat Hindu Kaharingan saya yakin akan mampu meningkatkan rasa Keimanannya serta mampu berpartisipasi didalam Pembangunan menuju Provinsi Kalimantan Tengah cerdas, Sejahtera dan bermartabat’’.

.