BERITA

International Confrence On Theology, Philosophy and Religious (ICTHEPRES) Kamis 29 Nov 2018 Hotel Bali Tropic Resort, Nusa Dua, Bali.

Konfrensi Internsional ICTHEPRES 2018 yang berlandaskan Tri Hita Karana

Konfrensi Internasional yang diselenggarakan oleh Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) pada tahun 2018 ini mengusung tema “ International Confrence On Theology, Philosophy and Religious (ICTHEPRES). Acara yang berlangsung selama satu hari (29/11) ini bertempat di Hotel Bali Tropic Resort, Nusa Dua, Bali.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Narasumber dari india dan malaysia, dengan harapan konfrensi ini dapat  memotivasi para intelektual dalam wacana akademik untuk ikut berperan aktif sebagai Thelog, filsuf,  dan cendikiawan yang mampu mendiseminisasikan ajaran agama yang harmoni dan berlandaskan Tri Hita Karana.

Acara Konfrensi internasional tersebut secara resmi di buka oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu yang diwakilkan oleh I Made Sutresna selaku Sekretaris Ditjen Bimas Hindu. 

Dalam Pembukaanya, Sutrena menyampaikan beberapa point terkait acara konfrensi tersebut, beliau mengharapakan bahwa acara konfrensi ini Harus mempunyai nilai lebih,  bukan hanya sekedar seminar,  karena habit yang baik harus dipupuk dengan saling berdiskusi dan berbagi pengetahuan untuk mendapatkkan hasil yang baik. 

“saya berharap  konfrensi ini lebih dari sekedar seminar sehingga dapat menghasilkan nilai yang berkualitas dan dapat dijadwalkan secara rutin untuk kedepannya” Tegasnya.

Sebelum konfrensi tersebut dibuka, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M. Si selaku Rektor dari IHDN memeberikan sambutan kepada para audien yang hadir dalam acara seminar nasional tersebut. 

Pada sambutannya beliu mengatakan bahwa penyelenggaraan seminar internasional dengan intensitas yang banyak dihadiri oleh dosen perguruan tinggi agama Hindu akan mendenyutkan kembali budaya akademik kampus terutama publikasi ilmiah baik berupa jurnal, penelitian, buku refrensi, monograf dan penerbitan karya tulis ilmiah lainnya hasil Tri Dharma perguruan tinggi.
Bertajuk internasional, Narasumber yang ada dalam konfresi tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber dari Indonesia dan luar negeri, diantaranya Prof. Ram Dev Bharadwaj, Prof. Dr. Santosh Kumar Pal, Dr. Munusamy Rajamanikam, Ph.D. (TM)., M. D., (Ayur Veda).

Acara yang meliputi dosen dan mahasiswa S2 dan S3 ini, diikuti sekitar 200 peserta baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pada sesi akhir  acara, konfrensi tersebut ditutup dengan beberapa diskusi ringan dengan narasumber. (Nym)
.