BERITA

Penyerahan piala bergilir oleh Menag rabu, (3/7) 2019 Denpasar Bali

Pembukaan Jambore Pasraman Nasional ke V Denpasar Bali

Pulau Bali menjadi tuan rumah Jambore Pasraman Nasional ke V tahun 2019, dilaksanakan selama enam (6) hari mulai dari tanggal 2 sd 7 juli 2019 dengan peserta kurang lebih seribuan orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Aston Hotel Denpasar, Jambore Pasraman Nasional ke V ini mengusung tema besar Sebagai Wahana Meningkatkan Kepekaan Dan Solidaritas Untuk Kesadaran Generasi Muda Hindu dalam Tanggung Jawab Membangun Masa Depan Bangsa. Kegiatan ini dibuka resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saiffudin pada tanggal 3 juli 2019 di Ballroom Aston Hotel.

Memberikan sambutan dalam acara Jambore Pasraman Nasional ke V di Denpasar Bali, Ia mengatakan bahwa acara ini rutin dilaksanakan oleg Direktorat Jenderal Bimas Hindu. Ini adalah acara yang secara rutin dilakukan oleh Direktorat jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama RI, bekerja sama dengan berbagai pihak khususnya para pengelola Pasraman. Tujuannya  supaya anak-anak generasi muda umat Hindu mempunyai forum, wadah atau media untuk mereka memperdalam dan memperluas pengetahuan-pengetahuan agama. Ia juga menjelaskan metode yang digunakan dengan cara memperlombakan, cara membaca dan memahami kitab suci, dan menekankan kereligiusitas keberagaman bangsa, agar generasi muda dalam era global ini tidak lagi tersekat-sekat.

Dalam kegiatan ini, setiap peserta akan berkompetisi dengan peserta lainnya, yaitu lomba Puja Tri Sandya, lomba Kramaning Sembah, lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, lomba Cipta dan Baca Puisi Keagamaann Hindu, lomba Bercerita Keagamaan, lomba Yoga Asanas, Dharma Widya, dan outbound. 

Kegiatan Jambore Pasraman nasional ini juga mendapatkan apresiasi yang setinggi-tingginya dari perwakilan Gubernur Bali. Peserta jambore diharapkan dapat memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat membangun untuk kejayaan NKRI, dengan memupuk rasa tanggung jawab dan rasa kepedulian.

Acara pembukaan Jambore Pasraman Nasional ke V tahun 2019 ini berlangsung dengan meriah. Dan antusias para peserta, official dan umat Hindu yang menghadiri acara sangat tinggi. Dan dimeriahkan oleh tarian kolosal dengan kisah sarat makna tentang berbuat kebaikan dan selalu berkelakuan di jalan dharma.

.