BERITA

Proses Sembahyang Bersama Dirjen Bimas hindu dengan Ribuan umat Di Sulawesi Selatan

Merayakan Hari Raya Galungan Dirjen Bimas Hindu Sembahyang Bersama Denga Ribuan Umat Hindu Di Kabupaten Luwu Timur

Jakarta - Rabu 22 Juli 2019 bertepatan dengan perayaan hari raya galungan, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. I Ketut Widnya, MA.,M.Phil.,Ph.D menghadiri undangan parisadha desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka memberikan Pembinaan terhadap umat Hindu yang ada di daerah tersebut. 

Dirjen bimas hindu hadir di tengah-tengah ribuan umat hindu dan ikut melaksanakan persembahyangan bersama di Pura jagadnatha desa Kertoraharjo dalam rangka merayakan hari raya galungan. Dalam kesempatan ini, dirjen bimas hindu membawakan dharma wacana yang yang berkaitan dengan sejarah, hakekat dan rangkaian hari raya galungan sebagai wujud Piodalan gumi. Selain dirjen bimas hindu, hadir juga para tokoh umat seperti bimas Sulawesi Selatan, Ketua  parisadha provinsi Sulawesi selatan, Ketua Parisadha Kabupaten Luwu Timur, Ketua Parisadha Desa Kertoraharja, serta tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat desa Kertoraharja.

Ribuan Umat hindu  yang hadir dalam acara persembahyangan tersebut sangat antosias dalam mendengarkan dharma wacana yang disampaikan oleh orang nomor satu di kalangan umat Hindu tersebut. Kehadiran dirjen bimas hindu di daerah tersebut merupakan wujud nyata keperdulian pemerintah terhadap umat hindu yang berada di daerah-daerah transmigrasi. 

setelah rangkaian persembhayangan selesai di laksanakan, dirjen bimas hindu memenuhi permintaan para tokoh umat di daerah tersebut agar sama-sama berkumpul untuk urun rembug membahas berbagai macam permasalahan umat yang ada di daerah tersebut, mengingat jumlah umat hindu yang begitu besar di daerah kabupaten luwu timur dan hidup dalam realitas majemuk, maka Dirjen bimas hindu menekankan pentinganya menjaga stabilitas sosial dan interaksi sosial antar umat beragama agar tidak menimbulkan benih-benih konflik yang bernuansa etnis atauapun bernuansa agama. Selain itu, dirjen bimas hindu menekankan pentingnya untuk meningkatkan sradha dan bhakti umat hindu dan para tokoh umat di tuntut untuk senantiasa memberikan pembinaan kepada umat dan kepada generasi muda Hindu di daerah agar tidak terjerumus kepada prilaku yang menyimpang dari ajaran-ajaran agama. 

Dalam usaha melestarikan budaya, adat, seni dan agama Hindu di daerah tersebut, para tokoh umat menyampaikan permohonan agar Dirjen Bimas Hindu memberikan dukungan moril maupun materil dalam pengaplikasiannya. Menanggapi permohonan tersebut, dirjen bimas hindu mengarahkan agar lembaga-lembaga keumatan terkait untuk mengajukan permohonan kepada dirjen bimas hindu agar bisa di berikan bantuan.  para tokoh umat mengapresiasi peryataan dirjen bimas hindu dan berharap kunjungan-kunjungan seperti ini rutin untuk di laksanakan demi terwujudnya komunikasi yang baik antara umat hindu yang ada di daerah-daerah trasnmigrasi dengan pimpinan umat yang ada di pusat.

.