BERITA

Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali membuka lembaran Bulan Agustus Tahun 2019 dengan melaksanakan Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2019. Kabupaten Buleleng menjadi kabupaten pertama yang dikunjungi oleh tim penilai dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali bertempat di kediaman Ida Bhawati Hermawan Tangkas dan Ibu Kadek Martiniati, tepatnya di Desa Penarukan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2019.

Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah Kabupaten/Kota se-Bali Tahun 2019

Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali membuka lembaran Bulan Agustus Tahun 2019 dengan melaksanakan Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah KabupatenKota se-Bali Tahun 2019. Kabupaten Buleleng menjadi kabupaten pertama yang dikunjungi oleh tim penilai dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali. Bertempat di kediaman Ida Bhawati Hermawan Tangkas dan Ibu Kadek Martiniati, tepatnya di Desa Penarukan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2019 tim penilai yang telah datang pada pukul 09.15 Wita disambut oleh seluruh anggota keluarga besar Ida Bhawati Hermawan Tangkas dan beberapa undangan yang telah hadir lebih dahulu.

Sebelum acara dimulai, beberapa Pinandita yang belajar di Pasraman milik Ida Bhawati Hermawan Tangkas yaitu Pasraman Pinandita Brahma Widya Samgraha, berkumpul bersama untuk melakukan pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan berharap kegiatan penilaian pada hari tersebut berjalan lancar.

Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah diawali dengan penyerahan buku profil Keluarga Ida Bhawati Hermawan Tangkas yang dilakukan langsung oleh Ida Bhawati Hermawan Tangkas kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali (I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag) yang dilanjutkan dengan penayangan video profil sekilas mengenai kegiatan-kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh Ida Bhawati Hermawan Tangkas. Selanjutnya, Kelian Desa Adat Penarukan, Sekretaris Daerah I Pemerintah Kabupaten Buleleng dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng secara berturut-turut memberikan sambutan singkat dan sama-sama berharap Keluarga Ida Bhawati Hermawan Tangkas bisa meraih juara dalam kegiatan ini dan bisa mewakili Propinsi Bali untuk mengikuti Kegiatan Lomba Keluarga Sukinah Tingkat Nasional Tahun 2020. 

Ida Bhawati Hermawan Tangkas kemudian diberi kesempatan untuk memberikan kata sambutan sekaligus memaparkan mengenai keberadaan keluarga Beliau untuk diketahui oleh seluruh tim penilai. Dalam kesempatan yang baik tersebut, Ida Bhawati Hermawan Tangkas tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali karena pada saat masih menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng telah membantu Pasraman Pinandita Brahma Widya Samgraha menjadi tetap eksis dan bisa berjalan sampai saat ini. Ida Bhawati Hermawan Tangkas juga mengenalkan seluruh anggota keluarga besar Beliau sekaligus keberhasilan yang dicapai pada saat bekerja di bidang pemerintahan, di bidang pendidikan khususnya sebagai guru dan di bidang bisnis. Begitupun prestasi anak-anak Beliau di bidang akademik pada saat mengenyam bangku perkuliahan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali pada saat menyampaikan kata sambutan mengungkapkan bahwa salah satu latar belakang dilaksanakannya Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah adalah berangkat dari fenomena yang terjadi dalam sebuah keluarga yang belakangan ini rentan akan ketidakharmonisan yang kadang bahkan berakhir dengan perceraian. Padahal dalam setiap perkawinan, setiap pasangan selalu berikrar kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk sehidup semati bersama pasangannya dalam menjalani kehidupan. Inilah yang membuat Kementerian Agama sebagai instansi pemerintah berusaha untuk dapat hadir di tengah-tengah umat beragama untuk membina keluarga-keluarga yang ada di tengah masyarakat. Beliau juga menyampaikan bahwa Bimbingan Keluarga Sukinah merupakan salah satu program unggulan Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali yang akan mencari keluarga yang harmonis, rukun serta utuh dan dapat memberikan vibrasi positif atau pengaruh baik kepada keluarga lain yang ada di sekitarnya. Setelah selesai menyampaikan kata sambutan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali menyerahkan uang pembinaan kepada keluarga Ida Bhawati Hermawan Tangkas yang besarnya sesuai dengan yang tertera dalam DIPA Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Tahun Anggaran 2019 dan uang pembinaan ini nantinya akan diberikan juga kepada seluruh peserta Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah KabupatenKota se-Bali Tahun 2019.

Terakhir tim penilai secara bersama-sama melakukan penilaian terhadap Keluarga Ida Bhawati Hermawan Tangkas yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode pengamatan secara langsung, metode interview dan metode tes secara tertulis. Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali berharap Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah Tahun 2019 berjalan dengan lancar sampai kabupatenkota terakhir. Dengan terlaksananya Kegiatan Pemilihan Keluarga Sukinah diharapkan akan semakin banyak muncul keluarga Hindu, utamanya di Provinsi Bali, yang terdorong untuk menjadi keluarga sukinah, keluarga yang bahagia, sejahtera dan dapat menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat. (ts)
.