RUBRIK

Percuma Jalani Pola Hidup Sehat Kalau Masih Merokok

bimashindu.kemenag.go.id - Tak sedikit orang yang mulai sadar pentingnya kesehatan dengan mengurangi konsumsi makanan tak sehat dan rutin berolah raga, namun tetap pada kebiasaan buruknya yakni merokok. Menurut Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK hal tersebut merupakan suatu hal yang sia-sia.

"Jangan coba-coba melakukan pola hidup sehat kalau masih merokok," kata konsultan gizi dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi ini.

Menurut dia, upaya menjaga kesehatan itu akan percuma jika masih ada polutan yang masuk ke dalam tubuh.  Seperti diketahui rokok mengandung 4000 jenis zat kimia, baik yang padat atau pun gas.

Ada bermacam strategi yang dapat digunakan untuk berhenti merokok. Sebagian orang memilih berhenti seketika, tapi ada juga yang pelan-pelan mengurangi jumlah rokoknya. Sesuaikan dengan yang paling nyaman menurut Anda.

Kebiasaan merokok bukan hanya memicu berbagai penyakit tapi juga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Selain tidak merokok, pola makan yang bergizi seimbang berperan penting untuk membentengi tubuh dari kuman penyakit.

Gaya hidup sehat harus dimulai sejak muda agar kita bisa menikmati masa tua tanpa sakit-sakitan.

"Menikmati masa tua itu butuh energi, kalau pola hidup belum benar bagaimana mau menikmati masa tua?" tutur Samuel.

.

kukun.adi@gmail.com -