BERITA

Menteri Agama: Alam pun turut Melakukan Amati Geni pada Nyepi Tahun Ini

Pada Perayaan Tawur Agung Kesanga tahun ini tanggal (8/3/2016) bertempat diKompleks Candi Prambanan, Menteri Agama hadir untuk memberikan sambutan. Dalam Acara Tawur Agung Kesanga ini turut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam sambutannya Bapak Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi tema Keberagaman Perekat Persatuan. Sangat penting dan relevan dengan kondisi Indonesia yang kaya keberagaman.

Diharapkan pesan dalam tema tersebut dapat benar-benar dilaksanakan oleh umat Hindu. Menteri Agama menambahkan pembangunan nasional tidak dapat dilepaskan dalam peran agama. Hal ini tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 dan Pancaasila sila pertama.

Menurut Menteri Agama Nyepi kali ini cukup Istimewa karena alam pun akan turut melakukan Amati Geni, dimana tepat pada tanggal 9 Maret 2016, saat Hari Raya Nyepi, akan terjadi Gerhana Matahari. Menteri Agama berpesan setelah melalui Catur Brata Nyepi diharapkan umat Hindu dapat terlahir menjadi suci dan dapat mengaktualisasi makna nyepi dalam kehidupan sehari-hari. Setiap pelaksanaan keagamaan harus dapat meningkatkan kualitas diri. Menteri Agama yakin umat Hindu dapat berkontribusi ikut dalam pembangunan nasional. (pj) (foto: Aa)
.