BERITA

Dharma Santhi Nyepi Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Inmas.

Wakil Gubernur (wagub) Provinsi Sumatera Selatan (sumsel) H. Ishak Mekki, bersama jajarannya menghadiri perayaan Dharma Santhi Nyepi Caka 1938 tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2016, yang dilaksanakan di Madya Mandala Pura Agung Sriwijaya Palembang. Rabu, (23/3).

Perayaan Dharma Santi kali ini juga dihadiri Pengurus Harian PHDI Pusat Ketut Arnaya, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel H. Hambali Ketua PHDI Kabupaten/Kota se Prov. Sumsel dan Umat Hindu Se-Sumatera Selatan. Hadir sebagai Pedharmawacana Ida Pandita Mpu Jaya Acarya Nanda.

Sebelum acara perayaan Dharma Santhi Nyepi, paginya dilaksanakan persembah yangan dalam rangka Piodalan Pura Agung Sriwijaya Palembang. Sehingga pemedak/umat Hindu dari Daerah memenuhi areal Pura Agung Sriwijaya.

Wagub Sumsel Ishak mekki dalam sambutannya mengatakan, Selamat atas hari raya nyepi tahun baru caka 1938. di tahun yang baru ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi umat hindu khususnya. Saya harapkan agar umat Hindu dapat terus meningkatkan ibadahnya sehingga bisa memberi dampak bagi Pemprov Sumsel untuk kedepannya. Saya juga berharap Umat Hindu dan Umat agama lainnya untuk tetap selalu menjaga kerukunan antar umat beragama sehingga di Provinsi Sumsel tidak terjadi kerusuhan antar umat beragama, ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Harian Parishada Hindu Dharma Indonesia Pusat, Ketut Arnaya mengatakan, pada hari peringatan yang besar ini Saya atas nama Umat mengucapkan terimah kasih kepada Pemprov Sumsel yang telah banyak mendukung kegiatan ini dan juga telah memberikan hibah tanah seluas 3 Ha kepada umat hindu di Provinsi Sumatera Selatan yang nantinya akan dibangun Pura,. Tuturnya.

Umat Hindu di Sumatera Selatan sangat antusias dalam mengikuti Acara Dharma Santhi tersebut karena adanya Pedharmawacana kondang dari bali Ida Pandita Mpu Acarya Nanda. Selama ini hanya melihat dari layar televisi sekarang dapat melihat dan mendengarkan langsung ujar salah satu Umat yang namanya tidak disebutkan. (kd)
.