BERITA

Bimas Hindu Jawa Timur Gelar Rapat Persiapan Utsawa Dharma Gita

Blitar (Bimas Hindu) Bimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Jawa Timur dan Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Jawa Timur menggelar rapat persiapan Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Timur di Blitar, Jumat (22/04/2016).

Pembimas Hindu Jawa Timur, Ida Made Windya mengatakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun bertujuan untuk melestarikan sekaligus mengajak generasi muda untuk mencintai Utsawa Dharma Gita.

Ada 31 mata lomba dalam Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 10 11 September 2016 mendatang, kata Ida Made Windya.

Dipilihnya Kabupaten Blitar sebagai tuan rumah tahun ini mengingat posisi Blitar yang berada di tengah-tengah sehingga terjangkau oleh seluruh kabupaten yang ada di Jawa Timur. Selain itu, umat Hindu Blitar juga terbanyak kedua setelah Kabupaten Banyuwangi.

Ketua PHDI Blitar, Lestari mengungkapkan Kabupaten Blitar siap menjadi tuan rumah Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Timur Tahun 2016.

Semoga melalui Utsawa Dharma Gita, kita bisa menjaga rasa solidaritas dan kekompakan antar umat Hindu se Jawa Timur sehingga nantinya kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, ungkap Lestari.

Adapun tema yang diangkat pada Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 adalah Melalui Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Timur XIII Tahun 2016 Kita Mantapkan Pemahaman, Penghayatan, dan Pengamalan Ajaran Suci Veda Dalam Rangka Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Made Windya menambahkan, beberapa mata lomba yang akan digelar antara lain Utsawa Mantra/Sloka, Utsawa Palawakya, Utsawa Dharma Widya, Utsawa Dharma Wacana Perorangan, Utsawa Dharma Wacana Bahasa Inggris, Utsawa Kidung Daerah Beregu, Utsawa Menghapal Mantra/Sloka Perorangan, Utsawa Baca dan Tulis Aksara Jawa Kuna Perorangan, serta Utsawa Baca Kakawin Berpasangan. (Titah)
.