BERITA

Kakanwil : Guru Adalah Pendidik Profesional

GORONTALO (Humas) Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Demikian ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Dr. H. Rusman Langke, M.Pd, saat membuka dan menyampaikan materi pada Orientasi Peningkatan Kompetensi Guru Agama Hindu, Kamis (12/5), di Ballroom Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Karena itu, lanjut Rusman tugas dan tanggungjawab guru begitu besar terutama diera globalisasi ini. Guru adalah agen perubahan, dimana dalam masyarakat global seperti sekarang ini, tidak ada sosok lain selain guru khususnya guru agama yang dapat berfungsi secara efektif untuk menjadi agen perubahan.

Karena guru agama langsung dapat berhadapan dengan siswa sebagai generasi penerus bangsa bahkan masyarakat pada umumnya, tuturnya.

Guru juga sebagai pengembang sikap moral. Sebab belakangan ini menurut Rusman, masalah kerjasama antar siswa mulai terabaikan. Untuk itu, sesuatu yang harus ditanamkan guru agama kepada siswa adalah sikap moral misalnya, tolong-menolong dalam berbuat kebajikan, khusnudhon (baik sangka) kepada semua orang, menghargai diri dan orang lain, bertanggungjawab atas perbuatan yang dilakukan sendiri, positif terhadap guru, orangtua, dan teman sekelas, ketepatan waktu belajar dan mengerjakan tugas pelajaran, serta jujur, adil, dan bijaksana kepada diri sendiri dan orang lain.

Sehingganya kata Rusman, untuk menjadi pendidik yang professional maka guru harus terus mengingat dan memahami pepatah bijak dari Ki Hajar Dewantara yakni Ing Ngarso Sung Tulodho (ketika di depan publik, kita harus bisa memberikan contoh atau teladan yang baik untuk orang lain), Ing Madyo Mangun Karsa (ketika di tengah atau di antara publik, kita harus mangun karso atau bekerja keras dan membangun kinerja yang baik), dan Tut Wuri Handayani (ketika kita ada di belakang, kita harus memberi semangat dan motivasi untuk orang lain). (mail/mar/rie)
.