BERITA

Tingkatkan Kemandirian Peternak Hindu Jawa Timur

Mojokerto (Bimas Hindu Jawa Timur) - Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar kegiatan Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Umat Pada Lembaga Keagamaan Hindu dari tanggal 25 27 Mei 2016 di Vanda Gardenia Hotel, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Pembimas Hindu Jatim, Ida Made Windya mengatakan pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan atau potensi masyarakat dalam kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhan hidup serta meningkatkan kesejahteraan kelompok peternak dan dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan nasional.

Pola pemberdayaan yang tepat sasaran sangat diperlukan, bentuk yang tepat adalah dengan memberikan kesempatan kepada kelompok miskin untuk merencanakan dan melaksanakan program pembangunan yang telah ditentukan, kata Ida Made Windya dalam sambutannya mewakili Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Mahfudh Sodar, Rabu (25/05/2016) di Vanda Gardenia Hotel.

Ida Made Windya menambahkan ada dua upaya agar pemberdayaan ekonomi masyarakat bisa berjalan dengan baik, antara lain dengan pemberdayaan melalui pelatihan dan pemberian modal untuk pengembangan usaha serta pemberdayaan melalui pendidikan dan pelatihan.

Pelatihan bertujuan untuk mempersiapkan pribadi masyarakat menjadi wirausaha sehingga bisa mengatasi masalah kemiskinan. Lalu permodalan dalam bentuk uang juga penting, namun hendaknya bukanlah modal awal, tapi modal pengembangan.

Selanjutnya ada pemberdayaan melalui pendidikan yang dapat disalurkan melalui pemberian beasiswa bagi anak yang kurang mampu dan pembenahan fasilitas sarana dan prasarana belajar.

Hal tersebut juga perlu kerjasama yang baik antara tiga pilar, yakni pemerintah, swasta dan masyarakat. Ida Made Windya berharap melalui pemberdayaan ini bisa membentuk individu yang mandiri, baik meliputi kemandirian berpikir, berkata dan bertindak.

Hadir sebagai narasumber Ida Made Windya dengan materi Membangun Ekonomi Umat Melalui Bidang Agama Untuk Meningkatkan Kesejahteraan, Wiranoto dengan materi Strategi Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Kewirausahaan, Ahmad Zarkasi Efendi dengan materi Teknologi, Bibit, Pakan dan Perkandangan Pada Usaha Peternakan dan Iswahyudi dengan materi Pengelolaan Reproduksi dan Kesehatan Hewan. Adapun peserta yang hadir sebanyak 50 orang perwakilan Kelompok Peternak Kabupaten/Kota se Jawa Timur. *Titah
.