BERITA

KEMENAG SULTRA GELAR SELEKSI JAMBORE PASRAMAN I

Kendari (Inmas Hindu) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu menggelar Jambore Pasraman I Tingkat Prov. Sultra Tahun 2016, yang digelar di Hotel Plaza Kubra Kendari, dari tanggal 27-28 Juni 2016. Seleksi Jambore Pasraman ini melombakan 8 jenis lomba, di antaranya : Lomba Mantram Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, lomba Cipta Lagu Kreasi Keagamaan Hindu, Lomba Cipta dan Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Cerita Keagamaan Hindu, Lomba Yoga Asanas Putra, dan Lomba Yoga Asanas Putri.

Seleksi Jambore Pasraman ini diikuti oleh 142 peserta yang berasal dari 10 Kontingen Kabupaten/Kota se Sultra, antara lain : Kota Kendari, Bau Bau, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Buton, Buton Utara, dan Muna Barat. Satu Kabupaten tidak mengirim kontingen, yaitu Bombana, hal ini dikarenakan tidak adanya pasraman yang aktif di wilayah tersebut dan kurang siapnya pengelola Pasraman untuk mengirimkan kontingen.

Hal tersebut disampaikan ketua panitia, Pande Kadek Juliana pada laporannya saat pembukaan Seleksi Jambore Pasraman I Tingkat Prov. Sultra Tahun 2016. Kegiatan Jambore Pasraman mengangkat tema Jambore Pasraman Sebagai Wahana Meningkatkan Kepekaan dan Kesadaran Generasi Muda dalam Tanggung Jawab Membangun Masa Depan Bangsa. Senin (27/6) malam.

Kegiatan ini merupakan perlombaan yang melibatkan anak-anak pasraman se Sultra yang telah diseleksi di Kabupaten/Kota masing-masing serta hasil dari kegiatan ini akan dijadikan kontingen Sultra dalam ajang Jambore Pasraman Tingkat Nasional IV di Yogyakarta bulan Juli nanti, ungkapnya.

Rangkaian kegiatan Seleksi Jambore Pasraman ini telah dilaksanakan dari tanggal 26 Juni 2016 dengan agenda technical meeting Panitia, Juri dan Pengambilan sumpah Dewan Juri, imbuhnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sultra, diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, Zainal Mustamin dalam sambutannya mengatakan Jambore Pasraman ini sangat penting untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan kreatifitas siswa pasraman guna mewujudkan insan yang memiliki Sradha Bhakti, dan etika yang baik.

Kegiatan ini perlu terus digalakkan di tengah-tengah harapan agar pendidikan keagamaan Hindu saat ini yang menginginkan pola pendidikan yang seimbang antara fisik dan non fisik, pengembangan otak kanan dan kiri serta potensi-potensi lainnya sebagai bekal peserta didik setelah menamatkan pendidikannya, imbuhnya.

Kakanwil juga mengharapkan semoga seleksi Jambore Pasraman dapat menghasilkan para juara yang siap untuk mewakili Sultra dalam ajang Jambore Nasional Tingkat Nasional IV bulan Juli Tahun 2016 di Yogyakarta nanti, sehingga dapat membanggakan Sultra di kancah nasional.

Pembimas Hindu, Ngakan Made Sudiana ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi yang sangat baik kepada Panitia dan pendukung acara Seleksi Jambore.

Kita sangat bersyukur karena tahun ini akhirnya bisa terlaksana Seleksi Jambore Pasraman Tingkat Provinsi, di mana tahun ini kita mengalami pengurangan anggaran, namun dengan keterbatasan anggaran ini, kegiatan seleksi bisa diselenggarakan, tuturnya.

Setelah kegiatan Seleksi Jambore Pasraman dilaksanakan, Sudiana menyampaikan akan terus melakukan pembinaan terhadap pemenang kejuaraan agar nantinya memperoleh hasil yang memuaskan dalam ajang Jambore Pasraman Tingkat Nasional IV nantinya. (pkj/rio)
.