BERITA

Konawe Selatan Juara Umum Seleksi Jambore Pasraman I Sultra

Kendari (Inmas Hindu) - Seleksi Jambore Pasraman I Tingkat Prov. Sultra Tahun 2016, yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu di Hotel Plaza Kubra Kendari, dari tanggal 27-28 Juni 2016, telah menghasilkan juara pada masing-masing perlombaan. Kejuaran dari kedelapan jenis cabang lomba dibacakan oleh ketua Dewan Juri, I Putu Sudarmika saat penutupan kegiatan Seleksi Jambore Pasraman, Selasa (28/6) pagi.

Kontingen Kabupaten Konawe Selatan dinyatakan sebagai Jura umum dengan raihan 3 Emas, dan masing-masing 1 perak, 1 perunggu, disusul Kabupaten Kolaka dengan raihan 2 emas dan 1 perunggu. Sedangkan pada peringkat Ketiga diisi oleh Kota Bau Bau dan Kendari dengan raihan 1 emas, 2 perak dan 1 perunggu. Piala Jura Umum diserahkan langsung oleh Kakanwil Kemenag Sultra.

Sebelumnya, Ketua Panitia kegiatan, Pande Kadek Juliana melaporkan bahwa bahwa kegiatan ini merupakan perlombaan yang melibatkan anak-anak pasraman se Sultra yang telah diseleksi di Kabupaten/Kota masing-masing serta hasil dari kegiatan ini akan dijadikan kontingen Sultra dalam ajang Jambore Pasraman Tingkat Nasional IV di Yogyakarta bulan Juli nanti.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Mohamad Ali Irfan yang hadir dalam kegiatan penutupan Seleksi Jambore Pasraman I Tingkat Prov. Sultra tahun 2016 dalam sambutan menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Jambore ini. Diharapakan setelah ini, seluruh pemenang kejuaraan agar dibina terus sehingga saat dikirim ke tingkat nasional kemampuannya semakin meningkat.

Saya inginkan, kontingen Sulawesi Tenggara Berjaya nanti di tingkat nasional. Paling tidak masuk 3 besar di setiap cabang lomba, jangan hanya juara harapan seperti sebelumnya. Kuatkan mentalnya, bila perlu dilakukan gladi sebelum diberangkatkan, tegasnya.

Pembimas Hindu, Ngakan Made Sudiana sepakat dan menyambut baik saran Kakanwil. Sudiana berjanji sebelum pemberangkatan kontingen akan dilakukan pembinaan sebelumnya. (pkj/rio)
.