BERITA

Membangun Sinergi Antar Lembaga Keagamaan di Sumatera Selatan

Inmas Palembang,

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Drs. H Yeri Taswin, M.Pd.I. membuka secara resmi pertemuan tokoh-tokoh Hindu dan Lembaga Keagamaan Hindu se Provinsi Sumatera Selatan. pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Best Skip Palembang, Senin (08/8).

Dalam SambutannyaKepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel Drs. H Yeri Taswin, M.Pd.I menyambut baik dan mengapresiasi serta memberikan penghargaan atas diadakannya pertemuan ini. " dalam pandangan saya pertemuan ini positif bagi umat beragama kuhusunya umat Hindu di Sumsel karena ini merupakan wujud keseriusan tokoh Hindu dan lembaga Hindu dalam membina umat menuju umat Hindu yang Harmonis, Damai dan Sejahtera, sesuai ajaran Tri Hita Karana", ucapnya.

Pembimbing Masyarakat Hindu Sumsel Drs. Kt. Gd Riasa Astawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini dimaksudkan untuk menjalin Kebersamaan Tokoh-Tokoh Hindu di Sumsel. "Melalui acara ini saya berharap adanya singkronisasi program-program kerjapada lembaga-lembaga keagamaan hindu dengan Bimas Hindu Kemenag Sumsel", ujarnya. Riasa juga menekenkan kepada pimpinan lembaga keagamaan Hindu di Sumselagar segera mengajukan pendaftaran rumah Ibadah (pura), Pasraman dan lembaga-lembaga lainnya ke Kementerian Agama RI cq. Dirjen Bimas Hindu.

pertemuan ini diselenggarakan oleh Bimbingan Masyarakat Hindu Kanwil Kemenag Sumsel selama 3 hari dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang, yang berasal dari PHDI Kabupaten/Kota Se Sumatera Selatan, PSN, BPH, WHDI, Peradah, KMHDI dan Tokoh Umat Hindu di Provinsi Sumatera Selatan.

Narasumber pada kegiatan pertemuan tersebut yaitu:

1. Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Prof. Drs. I Ketut Widnya, M.A, M.Phil, Ph.D.

2. Kabang TU Kemenag Sumsel Drs. H. Yeri Taswin, M.Pd.I,

3. Pembimas Hindu Kemenag Sumsel Drs. Kt. Gd. Riasa Astawa,

4. Perwakilan PHDI Pusat Dr. I Nyoman Marpa, SE. MM. MBA,

5. PHDI Sumsel Drs. Gusti Bagus Surya Negara, SE,Ak.MM,

6. Kesbangpol Sumsel, Richard chahyadi, Ap. M.Si.

pertemuan ini juga merupakan upaya dalam pembangunan agama guna mewujudkan kesejahteraan umat Hindu melalui pembinaan, pelayanan dan pemahaman ajaran agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari. peran tokoh umat Hindu dan lembaga keagamaan Hindu menjadi sangat penting guna peningkatan pemahaman umat yang berada dipelosok-pelosok. disamping itu juga guna menjaga dan meningkatkan toleransi umat dengan umat lainnya sehingga kerukunan antar umat beragama dapat terwujud. (KS).
.