BERITA

Melalui Pengabdian Masyarakat STAH DN Jakarta Gelar Upacara Metatah (Pangur) Masal di Jakarta

Jakarta, (STAH DN Jakarta) 30 Agustus 2016 di Gor Halim Perdana Kusuma. Melalui pengabdian masyarakat kepada umat Hindu, STAH Dharma Nusantara Jakarta melaksanakan upacara potong gigi / pangur massal. Dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang yang diikuti oleh umat Hindu yang berdomisili di daerah jakarta dan sekitarnya.

Upacara ini dihadiri oleh Dirjen Kementrian Agama RI Prof. Drs. IKetut Widnya, MA.,M.Phil.,Ph.D, Direktur Urusan Agama Hindu Kemenag RI, Drs. I Wayan Budha, M.Pd, Direktur Pendidikan Agama Hindu Kemenag RI, Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si beserta para tokoh umat Hindu yang berada di jakarta.

Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan yakni; Parade , mabyakala, maprayascita yang diiringi oleh merdunya suara baleganjur, di sambut Pinandita dan Sarathi Banten dengan ayaban biyakala dan meprayascita. Prosesi dilanjutkan dengan Natab Banten Menek Daha Teruna dan Otonon, Pemaparan makana sungkeman, kemudian dilaksanakannya upacara inti yakni metatah, dan diakhiri dengan mejaya-jaya.

Selain itu untuk memberi pemahaman tentang upacara pangur/potong gigi Kolonel Purn. I Nengah Dana, S.Ag memberikan pesan Dharma yang diapresiasi oleh Para undangan yang hadir. Sangging pada acara pangur massal ini adalah Prof. Dr. Ir. I Made Kartika D., Dipl.-Ing, I Made Sudiade, S.Pd.H., M.si, dan Jero Mangku I Made Pasek, S.Pd.H.

Acara ini diakhiri dengan persembahyang bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Panji Sogata. Selesai persembahyang semua peserta yang hadir santap bersama.
.