BERITA

Ngaturang Penganyar Ke Pura Agung Blambangan

(KanKemenag Kab. Jembrana) Selasa, (20/09) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana melalui Seksi Urusan agama Hindu mendatangi undangan Penganyar III dan Nyineb dalam pelaksanaan Upacara Perayaan Hari Raya Kuningan dan Piodalan Pura Agung Blambangan Kecamatan Muncar Banyuwangi yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 20 September 2016. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Urusan Agama Hindu Ida Bagus Ketut Rimbawan, S.Ag., M.Si dan didampingi oleh seluruh Penyuluh Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana.

Pura Agung Blambangan awalnya merupakan situs Umpak Songo, peninggalan zaman kerajaan Blambangan. Pura ini lalu pindah ke tempat sekarang dengan luas lahan sekitar satu hektar dan bisa menampung sekitar seribu umat untuk berdoa bersama. Pura Agung Blambangan terletak di desa Tembok Rejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Pura Agung Blambangan sendiri merupakan pura terbesar diantara 92 buah pura yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Perjalanan ke lokasi ini, menempuh waktu selama kurang lebih satu jam dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Pura ini sering dikunjungi umat Hindu Bali terutama saat merayakan Hari Raya Kuningan yang tahun ini puncaknya diadakan pada Sabtu, 17 September 2016. Rombongan berangkat dari Jembrana pukul 05.30 Wita dan tiba di Pura Agung Blambangan pukul 10.00 WIB. Suasana sakral dan magis sangat terasa ketika sang pemimpin upacara melakukan puja dengan lantunan bahasa Jawa Kuno, dengan diiringi nada gamelan Jawa yang lembut dan halus dan diiringi nyanyian sinden Jawa melantunkan lagu-lagu pujian kepada Hyang Siwa Jagatnatha sebagai manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
.