BERITA

Memberdayakan Umat Menuju Umat Yang Sejahtera

Rombongan Tim Monitorng Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI yaitu Ida Bagus Ketut Drana Arimbawa, Ida Bagus Agung dan Nengah Dana di dampingi Oleh Pembimas Hindu Kemenag Sumsel Kt. Gd Riasa Astawa, mengunjungi Desa Binaan Peternak Sapi di Desa Wana Bakti Kec. Madang Suku III Kab. OKU Timur, Senin. (19/9).

Setibanya Rombongan Tim Monev Dirjen Bimas Hindu di Bandara Kota Palembang, langsung menuju lokasi Desa Binaan yang memakan waktu 7 jam perjalanan. Desa Wana bakti merukan desa binaan yang menjadi role model pemberdayaan ekonomi keumatan di Provinsi Sumatera Selatan. sebelum memberikan pembinaan kepada kelompok peternak sapi pada malam harinya, Tim Monev terlebih dahulu melihat dan meninjau sapi yang sudah dikumpulkan oleh anggota kelompok untuk memastikan keadaan dan kondisi sapi.

Menurut ketua Kelompok peternak sapi desa pakraman Wayan Panji, Bantuan yang diberikan oleh Dirjen Bimas Hindu yatu bantuan Sapi yaitu jenis sapi Bali. bantuan tersebut diberikan pada tahun 2015 jumlah sapi yang didapat yaitu 13 ekor sapi. sapi-sapi tersebut dipelihara oleh anggota kelompok peternak sapi dengan mekanisme undian nama anggota kelompok, karena jumlah sapi yang didapat tidak sebanding dengan jumlah anggota yaitu 60 orang anggota. beliau juga menjelaskan bahwa anggota yang mendapatkan sapi untuk dipelihara nantinya akan mengembalikan 2 ekor anakan sapinya dan iduknya menjadi hak milik dengan catatan induknya tidak boleh dijual. ujar bapak wayan.

Tim Monev dari Dirjen Bimas Hindu Ida Bagus Ketut Drana Arimbawa menjelaskan bahwa, bantuan yang diberikan pemerintah melalui Dirjen Bimas Hindu merupakan bantuan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian umat Hindu jangka panjang, bantuan tersebut agar dapat dikembangkan dan dimanfaat untuk kesejahteraan umat dan juga untuk kegiatan umat baik piodalan dan pendidikan.beliau jugamenerangkan bahwa tujuan tersebut merupakan visi dari dirjen bimas hindu yaituTerwujudnya masyarakat Hindu yang taat beragama, rukun, cerdas, dan sejahtera lahir dan bathin. ujarnya.

Pembimas Hindu kemenag Sumsel Kt.Gd Riasa Astawa juga menyampaikan bahwa,Permberdayaan di bidang ekonomi merupakan upaya untuk membangun daya umatdengan mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi ekonomi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkannya. Keberdayaan umat merupakanunsur dasar untuk bertahan. Dalam pengertian yang dinamis, yaitu mengembangkan diri dan mencapai kemajuan. beliau juga menambahkan bahwa Desa Wana Bakti Kec. Madang Suku III Kab. OKU Timur menjadi desa Binaan yang menjado role model di sumsel, desa wana bakti dilahat dari kondisi alam dan lingkungannnya sangat mendukung untuk peternakan sapi. ujarnya.

Disamping itu anggota kelompok peternak sapi desa pakraman berharap adanya bantuan dari dirjen bimas hindu berupa pakan ternak sapi dan tenaga kesehatan sapi untuk mengecek kesehatan sapi. (ks).
.