BERITA

Dirjen Bimas Hindu Sosialisasikan UDG Nasional ke XIII tahun 2017 di Palembang

Palembang, Inmas Hindu

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Prof Drs I Ketut Widnya, MA.,M.Phil., Ph.D. Mensosialisasikan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke 13 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan, dengan Gubernur Sumatera Selatan beserta SKPDnya, Walikota Palembang, Polda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, FKUB Sumsel, MUI Sumsel dan tokoh-tokoh Lintas agama beserta tokoh pemuda lintas Agama yang ada di Provinsi Sumatera Selatan di The Arista Hotel Palembang, Selasa (4/9).

Sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut dari audiensi Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI dengan Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin pada bulan Bulan April 2016 lalu di Gria Agung Palembang. dimana Gubernur Sumatera Selatan menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan mensukseskan Kegiatan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke 13 yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan pada Tahun 2017.

Dalam pertemuan tersebut Dirjen Bimas Hindu dalam pemaparannya menjelaskanbahwa Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional merupakan agenda tiga tahunan. Dimana Utsawa dharma Gita sebagai budaya luhur yang tersebar di seluruh wilayah nusantara patut dilestarikan, dibina dan dikembangkan lebih luas lagi, tidak hanya dikalangan generasi tua maupun tokoh-tokoh agama, melainkan juga kepada generasi muda, remaja dan anak-anak. Salah satu media pelestarian dan pengembangan Dharma Gita adalah melalui kegiatan Utsawa Dharma Gita dimana terdapat berbagai cabang lomba yang dilombakan, adapan diantaranya pembacaan sloka-sloka, nyanyian keagamaan, dharma wacana dll.

Kakanwil Kemenag Sumsel dalam hal ini diwakili oleh Kabid Urais Drs. H Putloro Setiono H, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan "sangat antusias dan mendukung dengan pelaksanakan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke 13 yang dilaksanakan di Sumatera Selatan, karena sudah pernah melaksanakan event MTQ juga dijakabaring dengan sukses daln lancar jadi kami sangat optimis pelaksanaan UDG tk nasional di Sumatera Selatan nanti akan berjalan dengan baik, kami juga sangat menyambut baik pelaksanaan ini karena belum tentu 10 tahun lagi kita jadi tuan rumah lagi",. Ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan yang dalam pertemuan tersebut diwakili oleh staf ahli gubernur bidang ekonomi dan pembangunanI Gusti Bagus Surya Negara SE. Ak. MM, yang juga sebagai ketua PHDI Sumsel, dalam sambutannya menyatakan bahwa Gubernur Provinsi Sumatera Selatan sangat mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Utsawa Dharma Gita Nasional ke 13 di Provinsi Sumatera Selata. 'kegiatan udg harus kita dukung untuk menciptakan keberagaman dan kerukunan antar umat beragama harus kita junjung tinggi apalagi kita juga akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asean Games pada tahun 2018 maka perlu juga kita sukseskan bersama". Ujarnya.

Dari masing-masing majelis/lembaga keagamaan tokoh-tokoh lintas agama dan juga tokoh pemuda lintas agama yang hadir pada Sosialisasi Utsawa Dharma Gita tersebut juga menyatakan dukungan dan apresiasi pelaksanaan udg nasional di Provinsi Sumatera Selatan. disamping itu para tokoh yang hadir juga menyarankan agar nantinya dalam pelaksanaan udg juga melibatkan tokoh-tokoh lintas agama sebagai cerminan kebersamaan dan kerukunan. (ks).

.