BERITA

Dirjen Bimas Hindu Memberi Pengarahan Dalam Wisuda UNHI Denpasar

Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Prof Drs I Ketut Widnya, MA.,M.Phil., Ph.D., menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar terhadap segala prestasi yang telah dicapai dan telah membuktikan bahwa UNHI Denpasar semakin dewasa serta sanantiasa memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Hindu menghadapi tantangan global ke depan, disampaikan saat memberikan pengarahan acara Dies Natalis ke-53, Wisuda Sarjana ke-50, Magister ke-22 dan Doktor ke-10 UNHI Denpasar, Hotel Westin Resort Nusa Dua Bali, 17 Oktober 2016.

Lebih lanjut Dirjen mengatakan tuntutan masyarakat terhadap pendidikan semakin tinggi, terlebih adanya ratifikasi piagam Asean dengan diterbitkannya UU Nomor 38 Tahun 2008. Sehubungan dengan hal tersebut, UNHI Denpasar telah berusaha menyiapkan SDM nya menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Implementasi masyarakat ekonomi Asean (MEA) sudah mulai pada tahun 2015. MEA terwujud dari keinginan negara-negara Asean untuk mewujudkan Asean menjadi kawasan perekonomian yang solid dan diperhitungkan dalam percaturan perekonomian internasional. Untuk itu program-program unggulan yang telah dilaksanakan di UNHI Denpasar, hendaknya dikembangkan dan ditingkatkan dalam rangka menghadapi MEA ini.

Dirjen menambahkan bahwa Indonesia memiliki bonus demografi yang melimpah, tentu harus dikelola dengan sebaik-baiknya, agar bonus tersebut tidak menjadi beban pemerintah, tetapi sebaliknya menjadi SDM yang berkualitas. Untuk itu pengembangan potensi peserta didik harus terus diupayakan agar betul-betul menghasilkan output yang unggul sesuai cita-cita bangsa Indonesia agar generasinya di tahun 2045 menjadi generasi emas, generasi yang mempunyai IQ, karakter mulia dan budaya yang adiluhung sehingga dapat membangun peradaban baru sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia.

Di tengah globalisasi dan era kompetisi ini, pendidikan berkarakter mulia tidak bisa diabaikan dan bahkan harus terus diupayakan serta dikembangkan diantaranya melalui penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tujuan Pendidikan Karakter memahami nilai-nilai karakter bangsa, membiasakan pola pikir dan pola sikap yang baik, memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme dan belajar dari role model. Kami mengharapkan keluarga besar UNHI Denpasar mampu bersatu padu, membangun komitmen untuk menjalankan misi sevanam untuk kepentingan umat, masyarakat, bangsa dan negara, tambahnya.

Dirjen melanjutkan bahwa sebagai akademisi, senantiasa berusaha menunjukan konsistensi dan kontinuitas dalam berpikir, berkata dan berbuat. Ajaran Dharma agar senantiasa memberikan roh dan kekuatan kepada seluruh civitas akademika UNHI Denpasar dalam menjalankan tugas dan fungsi serta membangun atmosfir akademik yang kondusif, guna pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Dengan demikian, kampus akan menjadi wahana bagi mahasiswa untuk belajar, mengkaji, berkreasi dan berinovasi. Kampus akan menjadi sesuatu yang hidup dan mampu memikat banyak kalangan. Suasana seperti itulah yang harus kita upayakan bersama sehingga kampus akan menjadi the centre of learning, yang akan senantiasa menjaga peradaban penting sebuah bangsa yakni belajar.

Selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati atas suksesnya saudara menyelesaikan pendidikan agar senantiasa mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mengabdi di tengah-tengah masyarakat, nusa dan bangsa, dikatakan Dirjen, sambil mengakhiri sambutannya.
.