BERITA

Ka.Kan.Kemenag Kab. Badung Memimpin Persembahyangan Bersama

Ka.Kan.Kemenag Kab. Badung Hadiri Puncak Karya Di Pura Sad Khayangan Pucak Mangu

Mangupura, (15 Nopember 2016)Pelaksanaan Piodalan Mapadudusan Agung Mapeselang medasar Caru Balik Sumpah Madya di Penataran Pura Sad Khayangan Pucak Mangu, Tinggan Desa Pelaga, Kecamatan Petang. Upacara Yadnya yang berlangsung dari pagi sampai sore sangat tertib walaupun diselingi dengan turunnya hujan, dipuput oleh 7 orang Pandita yang meliputi: Ida Pedanda Kekeran Pemaron (Bhagawanta Puri) dari Griya Mandara, Ida Pedanda Putra Pemaron dari Griya Sidememan Mengwi, Ida Pedanda Buda dari griya Gunungsari. Sedangkan Pandita pemuput Yadnya di Paselang; Ida Pedanda Gede Putra Keniten dari Griya Kediri Sangeh, Ida Pedanda Buda dari Griya Jadi, pelaksanaan Majejiwan disampaikan oleh Ida Pedanda Istri Kanya dan Ida Pedanda Istri Simpangan Manuaba Buduk.

Pelaksanaan upacara yadnya itu dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Badung, SKPD Kabupaten Badung, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Badung, Pengempon/Pengemong Pura dan umat Hindu yang ikut melaksanakan persembahyangan. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung (I Nyoman Arya S.Ag.M.Pd.H) yang didampingi Penyuluh Agama Hindu dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung, dalam kesempatan tersebut ditunjuk oleh Pengrajeg Karya Penglingsir Puri Agung Mengwi (Anak Agung Gde Agung) selaku Yajamana Karya, untuk mengatur prosesi/jalannya upacara karya.

Keterlibatan Ka.Kan Kemenag Kab. Badung, dalam pelaksanaan upacara tersebut adalah wujud kongkrit bagaimana jalinan yang sangat baik antara instansi vertikal (Kementerian Agama) dengan daerah (Pemerintah Daerah Kabupaten Badung), dalam upaya peningkatan sradha bhakti umat, khususnya Umat Hindu di Kabupaten Badung. Dalam kesempatan yang sama di sesi akhir acara ketua Panitia (I wayan Kober) selaku Bendesa Gede Pucak Mangu, mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh komponen masyarakat serta mengapresiasi keikutsertaan Kamenag Kab Badung dalam seluruh prosesi upacara. Pelaksanaan upacara di Pura Sad Khayangan Penataran Pucak Mangu berlangsung nyejer selama 9 (Sembilan) hari. (dana)
.