BERITA

Pembimas Jateng, Gara, Pengawas, dan Perwakilan Dharama Duta Pusat Prabasana

Koordinasi Bimas Hindu Jateng dengan Dharma Duta Pusat

19 Desember 2016 PEMBIMAS HINDU MELAKUKAN KOORDINASI BIMBINGAN TEKNIS PENYULUHAN AGAMA DENGAN DHARAMA DUTA PUSAT. Bertempat di Hotel Horison Yogjakarta, Jl. Gowongan Kidul No. 33 - 49, Gedongtengen, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271, Indonesia. Bimbingan teknis penyuluhan sebuah upaya untuk meningkatkan pemahaman nilai ajaran agama dan membangun umat Hindu yang mampu mempertahankan nilai-nilai budaya tradisi sebagai wujud pemahaman pembangunan mental bangsa. Dalam kesempatan tersebut Pembimas Hindu Jateng di damping Penyelenggara Bimas Hindu Klaten, Pengawas Pendidikan Hindu Kabupaten Klaten dan Bapak Gatot Bimas Hindu Yogjakarta sementara dari Dharma Duta Pusat Bapak Prabasana dan dua orang pendamping.


Dharma Duta dalam perkembanganya adalah untuk mewujudkan masyarakat agamis dan berperilaku luhur. Tujuan Dharma Duta membina masyarakat dalam meningkatkan pemahaman penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu yang baik dan benar serta menghormati perbedahaan pemahaman kehidupan beragama melalui internalisasi ajaran agama yang inklusif. Dharma Duta lebih menekankan pada pembinaan tatap muka dan pendampingan dalam pembinaan ke masyarakat. Menurut penjelasan Prabasana. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kegiatan yang diangkat untuk membangun keumatan dengan seminar, orientasi dan workshop, sehingga akan terbangun umat Hindu yang madani.


I Dewa Made Artayasa sebagai Pembimas Hindu Jawa Tengah menyampaikan banyak terimakasih atas penjelasan yang disampaikan. Selama ini Bimas Hindu telah berupaya melakukan pembinaan dan bimbingan ke masyarakat sebagai bentuk realisasi dari PMA no 13 tahun 2012, Pasal 396 ayat (1) huruf j mempunyai tugas melaksanakan pelayanan, bimbingan, pembinaan, dan pengelolaan sistem informasi di bidang bimbingan masyarakat Hindu berdasarkan kebijakan teknis yang ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, secara garis besar Program Bimas Hindu salah satunya adalah Pengelolaan dan pembinaan bidang Pendidikan Agama dan Urusan Keagamaan Hindu, maka Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pembinaan, bimbingan dan pelayanan dibidang urusan, pendidikan, tenaga teknis dan lembaga keagamaan Hindu.. Upaya untuk membangun umat Hindu yang memiliki jiwa yang mandiri dan tetap pada koridor agama yang memberikan nilai ajaran luhur. Jadi secara garis besar apa yang di programkan oleh Dharma Duta Pusat sama dengan apa yang telah dilaksanakan oleh Bimas Hindu. Jelas I Dewa Made Artayasa.


Dharma Duta Memberikan ajaran tentang kebenaran kepada umat Hindu serta senantiasa menjaga dan memberi dorongan supaya prinsip kebenaran dalam hidup tersebut tetap lestari dan dipegang teguh sebagai pedoman hidup sehingga tak akan ada Umat Hindu yang kemudian berlepas diri dan tersesat dari ajaran kebenaran. *Wahonogol*
.