BERITA

Persembahyangan di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Banyuwangi

(KanKemenag Kab. Jembrana) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana memenuhi undangan dari Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Jembrana, untuk menghadiri undangan persembahyangan bersama dalam rangka pelaksanaan Perayaan Hari Raya Pagerwesi pada hari Rabu (25/01) di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Kasi Urusan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, Bapak Ida Bagus Ketut Rimbawan, S.Ag.,M.Si beserta rombongan dari Sekretariat Daerah, tiba di pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo pukul 19.00 WIB. Beliau hadir sebagai Pemedek tangkil ngaturang Bhakti. Pertemuan dengan umat sedharma dan mengikuti proses, upacara serta melaukan persembahyangan kolektif. Setelah selesai persembahyangan dilanjutkan dengan penyerahan punia dari Bapak Bupati Jembrana ke panitia upacara. Prosesi upacara berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

Pada hari raya Pagerwesi adalah hari yang paling baik mendekatkan Atman kepada Brahman sebagai guru sejati . Pengetahuan sejati itulah sesungguhnya merupakan pager besi untuk melindungi hidup kita di dunia ini.Inti dari perayaan Pagerwesi itu adalah memuja Tuhan sebagai guru yang sejati. Memuja berarti menyerahkan diri, menghormati, memohon, memuji dan memusatkan diri. Ini berarti kita harus menyerahkan kebodohan kita pada Tuhan agar beliau sebagai guru sejati dapat mengisi kita dengan kesucian dan pengetahuan sejati.

Puncak perayaan hari raya Pagerwesi di Banyuwangi dipusatkan pada pura luhur Giri Selaka Alas Purwo, Rabu (25/1) kemarin. Ribuan umat Hindu Banyuwangi memadati pura sejak pagi hari. Upacara sekaligus serangkaian puncak piodalan pura yang diyakini peninggalan zaman Majapahit tersebut. Selain bertepatan puncak piodalan pura, perayaan ini juga simbol harmonisasi umat Hindu dalam mencintai alam. Salah satu bentuknya, bersembahyang di dalam pura yang letaknya di tengah hutan.
.