BERITA

Drs. H. Farhani, SH, MM. Membuka acara seleksi UDG Prov. Jateng dengan pemukulan Gong

Seleksi UDG Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017

Bertempat di hotel New Puri GardenJl. Arteri Utara Blok D-4 Puri - Semarang, Semarang, 50199, Indonesia, tanggal 17-19 Pebruari 2017 LPDG provinsi Jawa Tengah mengadakan Seleksi UDG tingkat Provinsi.
Pelaksanaan seleksi di ikuti oleh 16 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, jelas ketua panitia pelaksana Ni Made Cahyani menyampaikan dalam sambutanya bahwa kegiatan seleksi ini di persiapakan kegiatan UDG nasional yang akan dilaksanakan di Palembang. Kegitan ini didukung Kementerian Agama sebagai Pembina utama LPDG dan juga dari Pasraman Radite Widya Jepara, PHDI Kota Semarang dengan Seke Gong Puspagiri, sangar tari Saraswati dan Peradah Kabupaten Tegal TATWAMASI Bend.


Kepala Kantor Wilayah Kemeterian Agama Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Farhani, SH, MM dalam sambutanya mengatakan Pada hari ini selama tiga hari Lembaga Pengembangan Dharma Gita Provinsi Jawa Tengah mengadakan Seleksi Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sebagaimana telah kita ketahui bersama Utsawa Dharma Gita adalah festival atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu. Dalam festival atau lomba ini para peserta akan berkompetisi untuk menunjukkan kemahiran dan kemampuannya dalam membaca teks-teks suci keagamaaan Hindu. Kegiatan ini tentu mempunyai arti yang sangat penting dan mendalam, sebab melalui festival atau lomba ini kemahiran menyanyikan teks-teks keagamaan dapat ditingkatkan. Lebih dari itu, pemahaman dan pengamalan terhadap makna dari kitab suci itu akan dapat dilaksanakan pula dengan cara yang lebih baik. Membaca kitab suci Weda dan sastra keagamaan lainnya yang dihormati dalam tradisi agama Hindu tentu akan membawa implikasi kerohanian yang mendalam. Kegiatan membaca, menyanyikan dan menelaah isi teks-teks suci keagamaan itu tentulah harus lebih banyak digiatkan terutama kepada anak-anak dan generasi muda umat Hindu di mana saja berada.


Dunia tempat kita hidup terus-menerus mengalami perubahan dari jaman ke jaman. Generasi demi generasi datang silih berganti meneruskan kehidupan umat manusia. Peradaban umat manusia berkembang kian maju, namun setiap jaman tentulah akan mempunyai tantangan sendiri-sendiri yang memerlukan sikap dan jawaban. Umat beragama termasuk pula umat Hindu haruslah mampu menghadapi dan sekaligus menjawab tantangan jaman itu. Kitab suci keagamaan memberikan penerangan, tuntutan dan dasar-dasar jawaban untuk menghadapi setiap zaman. Maka adalah tugas umat beragama untuk menelaah secara lebih mendalam lagi pesan-pesan keagamaan dalam teks-teks suci keagamaan itu. Dengan demikian ajaran agama akan dapat dipahami secara lebih aktual dan relevan untuk menjawab persoalan-persoalan mendasar umat manusia yang akan muncul pada setiap jaman. Diakhir sambutanya Drs. H. Farhani, SH, MM sebelum menutup acara Seleksi Utsawa Dharma Gita Provinsi Jawa Tengah akan melahirkan kontingen-kontingen yang tangguh perwakilan Provinsi Jawa Tengah pada Utsawa Dharma Gita Nasional ke XIII di Palembang. Dengan harapan-harapan itu pulalah maka dengan ini kegiatan Seleksi Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 dengan resmi dinyatakan dibuka. Semoga kegiatan ini akan membawa manfaat yang besar bagi umat Hindu di seluruh Provinsi Jawa Tengah.


Dalam proses seleksi berlangsung penuh dengan semangat dan penuh antausias, tingkat kesemangatan itu bisa terlihat dengan peserta yang mengikuti acara seleksi selalla aktif dan tepat waktu sesuai jadwal acara lomba yang sudah dibagikan ke official, dengan komunikasi yang baik antara official dan panitia maka kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik sampai pada acara penutupan dan pengumuman hasil seleksi. Pada seleksi UDG Provinsi Jawa Tengah Kota Semarang memborong dengan 12 emas, Kabupaten Klaten dan Jepara 2 emas dan Kabupaten Karanganyar 1 emas. *wahonogol*
.