BERITA

Orientasi Implementasi Kurikulum 2013: Kembangkan Kecerdasan Intelektual dan Spiritual Anak

Malang (Bimas Hindu)- Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, anak zaman sekarang jauh lebih kritis dibandingkan anak zaman dahulu. Tantangan mereka pun semakin berat. Perlu adanya pendampingan serta pengawasan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya orang tua dan guru sehingga mereka bisa menjadi generasi emas dan produktif pada masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, H. Moch. Amin Mahfud, ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Orientasi Implementasi Kurikulum 2013 Guru Pendidikan Agama Hindu Tingkat Dasar dan Menengah Angkatan 2 di Regent Park Hotel, Senin (29/05/2017).

Hendaknya Kurikulum 2013 dirancang dan dipadukan dengan nilai-nilai agama Hindu agar anak-anak bisa menjadi pribadi yang cerdas intelektual dan spritual, baik, tangguh dan punya rasa peduli, tegas H. Moch. Amin Mahfud.

Ketua Panitia, Ni Putu Sinta Ismayarti mengatakan peserta berjumlah 30 orang. Mereka merupakan perwakilan guru pendidikan agama Hindu tingkat dasar dan menengah dari masing-masing kabupaten/kota se Jawa Timur. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, 29 s/d 31 Mei 2017.

Ia berharap melalui kegiatan ini seluruh peserta bisa menambah pengetahuan, keterampilan dalam mengajar sehingga mereka bisa memiliki motivasi tinggi untuk menjalankan tugasnya sebagai guru.

Pada kesempatan tersebut, H. Moch. Amin Mahfud membawakan materi Kebijakan Kementerian Agama di Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kusnohadi dengan materi Pengelolaan Pembelajaran Kontekstual dan Terpadu, M.Musfiqon dengan materi Penilaian dan Pelaporan Hasil Belajar, I Nengah Parta dengan materi Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Ida Made Windya dengan materi Manajemen Perubahan dan Budaya Sekolah.(Titah)
.