BERITA

Ka.Kanwil Kemenag Riau hadiri Pembukaan Utsawa Dharma Gita Nasional XIII di Palembang

Pekanbaru, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Drs Ahmad Supardi Hasibuan, MA, Didampingi Pembimbing Masyarakat Hindu, Nengah Sujati, S.Ag , beserta Kepala Sub.bagian Informasi dan Humas, H.Darwison MA hadir pada acara Pembukaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional ke XIII Tahun 2017 dilaksanakan di Jakabaring- Palembang, Sumatera Selatan, Pekan lalu. Yang dibuka langsung Menteri Agama Republik Indonesia, Drs Lukman Saifuddin didampingi Ketua Umum Utsawa Dharma Gita I Wayan Budhe, Dirjen Bimas Hindu, I Ketut Widnya,Ketua PHDI, Wisnu Bawa Tenaya serta Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin yang ditandai dengan Pelepasan Anak Panah Oleh Menteri Agama.

Ahmad Supardi mengatakan bahwasanya Riau mengirim 52 Orang peserta dengan mengikuti 7 cabang lomba yaitu Sloka, Palawakya, Dharmawacana bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Cerdas Cermat SD,SMP,SMA, Pelafalan doa dan Lagu Keagamaan.

Utsawa Dharma Gita mengangkat Tema " Wahana penguatan, pemahaman,penghayatan dan Pengamalan Ajaran agama Hindu sebagai wujud revolusi mental "

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan dia sangat mengapresiasi Pelaksanaan Utsawa Dharma Gita yang dilaksanakan Umat Hindu, menurutnya Pelaksanaan Utsawa Dharma Gita bisa dijadikan inspirasi bagi umat Hindu untuk lebih mendalami ajaran agama dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

I Wayan Budha selaku Ketua Umum Utsawa Dharma Gita menyampaikan bahwa pada Prinsipnya Utsawa Dharma Gita merupakan sebuah festival atau lomba tentang nyanyian suci keagamaan Hindu, akan tetapi selain sebagai Lomba Utsawa Dharma Gita memiliki tujuan yang sangat mendasar yaitu meningkatkan Pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran kitab suci weda beserta susastra Hindu dalam memperkokoh karakter bangsa serta meningkatkan Srada dan Bakti.

Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, Prof I Ketut Widnya mengakui gelaran festival yang diadakan di Sumatera Selatan membuktikan kerukunan antar umat beragama di Bumi Sriwijaya telah berjalan dengan baik. Hal itu setelah melihat tolok ukur dari suksesnya kegiatan acara tiga tahunan umat Hindu tersebut.

Tandasnya Utsawa Dharma Gita ini diikuti oleh 1511 Orang dari berbagai Provinsi Di Indonesia yang berlangsung semenjak 06 s.d 10 Juli 2017, yang memperlombakan delapan cabang Perlombaan yang terbagi atas 34 Jenis kategori.(kyr)
.