BERITA

Dirjen Bimas Hindu Kunjungan Balinuraga Lampung

Lampung (DBH) - Kamis, 8 November kemarin Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. IBG. Yudha Triguna, M.S bersama jajarannya mengunjungi Desa Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung situasi dan kondisi terkini masyarakat Balinuraga pasca bentrokan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI juga sudah mengirimkan tim pendahulu untuk melakukan pendataan dampak peristiwa tersebut. Sebagai tindak lanjutnya adalah saya putuskan bahwa saya harus melihat secara langsung dan sekaligus menginventarisasi kerusakan kerusakan pada tempat ibadah umat Hindu disini, kata Yudha Triguna. Lebih lanjut disampaikan bahwa dari hasil pembicaraan dengan perangkat desa,

Tokoh dan perwakilan umat Hindu di Desa Balinuraga, pada intinya umat meminta perhatian pemerintah dalam hal ini Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI atas kerusakan yang terjadi di Pura agar upacara keagamaan bisa berlangsung dengan normal kembali. Selain bangunan pura yang rusak, sarana dan prasarana persembahyangan ikut rusak juga, termasuk satu barung gambelan, kata I Made Sukintra Ketua PHDI Lampung Selatan.

Menanggapi keinginan umat tersebut Dirjen Bimas Hindu berjanji memprogramkan bantuan renovasi tempat ibadah pada tahun 2013. Selain renovasi pura, yang bisa dilakukan oleh Ditjen Bimas Hindu adalah membantu renovasi sekolah/pasraman dan pemberian seperangkat Gong sebagai sarana pendukung upacara keagamaan Hindu. Semoga bisa direalisasikan pada tahun anggaran 2013 Kata Prof. Yudha Triguna.

Setelah dialog, Dirjen Bimas Hindu secara simbolik memberikan bantuan yang dihimpun secara spontan oleh Keluarga Besar Ditjen Bimas Hindu dan Solidaritas Mahasiswa Bali Peduli Lampung Selatan yang diterima oleh Ketua PHDI Provinsi Lampung. Bantuan spontan secara pribadi juga disampaikan oleh beliau melalui Posko Bantuan Peduli Balinuraga.
.