BERITA

Upacara Wanakerti di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta, Minggu 18/2

Upacara Wanakerti Implementasi Tri Hita Karana Di yogyakarta

Kirab Wanakerti dilaksanakan di dusun duren desa beji kecamatan Ngawen kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan ini diikuti oleh umat Hindu di kabupaten Gunung Kidul dan diramaikan juga oleh lintas agama. Upacara Wanakerti adalah sebagai rangkaian upacara hari raya Nyepi di Yogya. Kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga lingkungan yang juga menjadi implementasi dari Tri Hita Karana. Upacara ini dirangkai dari kirab kemudian peletakan batu pertama pembangunan mata air dan menanam 5000 pohon di kawasan hutan Ngudi Sari yang diakhiri dengan persembahyangan bersama.

Menurut Pembimas Yogyakarta I.B Wika Krishna "Tujuan Wanakerti adalah bagaimana umat Hindu menjaga hutan, sumber sumber mata air sebagai sumber kehidupan kita, yang terimplentasi dengan ritual ritual yang sifatnya penjagaan alam dengan penanaman pohon di lingkungan kita."

Kegiatan upacara wanakerti ini juga merupakan bentuk kebersamaan dan kerukunan terhadap seluruh umat beragama di lingkungan gunung kidul semua dilibatkan secara kekeluargaan. Upacara ini dilakukan setiap 1 tahun sekali. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara PHDI kab Gunung Kidul, Bimas Hindu Yogyakarta, Pemkab gunung Kidul dan panitia Nyepi Gunung Kidul serta Angkatan muda hindu (AMH) Gunung Kidul. (Aa)

.