BERITA

Pembimas Sampaikan Materi Dialong Intern Umat Beragama

Dialog Intern Umat Beragama di Gemampir Menjaga Dharma Di Era Globalisasi

Jawa Tengah. Era globalisasi ini jaman modern dengan berbagai alat kita harus mampu mengontrol dalam penggunaan alat tersebut.  Kemudahan Sekarang ini jangan sampai kita terlena, kita harus mampu menjaga tradisi dan ajaran agama. Kenapa demikian bahwa kehidupan penuh dengan dinamika, maka kita semua harus mempunyai pegangan pengetahuan yang teguh sebagai dasar dalam kehidupan. Demikian dikatakan I Dewa Made Artayasa dihadapan 40 orang peserta Dialog Intern Umat Beragama di Gemampir, Kabupaten Klaten.

Lebih lanjut Sebagai umat Hindu harus menjaga "Dharma" kewajiban yang harus kita lakukan. Sebagai umat Hindu punya ajaran  Dharma agama dan dharma negara. Meri menjaga keseimbangan sebagai bentuk Dharma.

Sebagai umat Hindu harus memahami nilai ajaran "catur warna".  Yaitu tugas dan fungsi manusia dalam kehidupan. Brahma adalah bertugas sebagai pemebri ilmu pengetahuan, fungsinya mengembangkan ilmu pengetahuan. Kesatria bertugas menjaga keselamatan wilayah bangsa, berfungsi menata kehidupan bermasyarakat. Waisia bertugas melaksanakan kewajiban mencari biaya kehidupan, fungsinya sebagai ketahanan dalam ekonomi dan yang terakhir sudra bertugas sebagai pelaksana semua kebijakan Brahma, Kesatria dan waisia fungsinya membantu sebagai pelaksana dalam tugas secara langsung.

Diaolg Intern Umat Beragama adalah bagian program untuk menjaga kerulkunan internal ssebagai pembekalan dalam interaksi sosial dimasyarakat agar tetap terjaga nilai-nilai persatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. (Wahonogol)

.