BERITA

Pembimas Hindu Jawa Tengah Membuka Pembinaan WAHDI yang dilaksankan Oleh WHDI Jawa Tengah

Kemampuan Psikomotorik Untuk Pengembangan WHDI

Kegiatan pembinaan Wanita Hindu Dhrama Indonesia Jawa Tengah diselenggarakan sebelum membuka acara pembinaan oleh WHDI Jawa Tengah yang diadakan di Aula Kenconowungu, Hotel New Puri Garden, Jl. Arteri Utara Blok D4 Puri Anjasmoro Semarang, acara tersebut diikuti 70 peserta dari perwakilan WHDI Kabupaten Kota di Jawa Tengah. Minggu 22/7. 

Kegiatan Pembinaan yang diselenggarakan oleh WHDI adalah bertujuan untuk peninggaktan kopetensi anggota WHDI di daerah agar nantinya mampu mengembangakan dan meningkatkan kinerja serta agar WHDI mampu mandiri dalam kegiatan kemasyarakatan. Kemampuan kognitif, efektif dan sikomotor dijelaskan oleh ketua WHDI Jawa Tengah Agung Anny Rochwati sebagai dasar angota WHDI dalam memahami sistem untuk melaksanakan pembinaan di daerah.

Pembimas Jawa tengah I Dewa Made Artayasa menjelaskan ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, kegiatan yang berhubungan dengan kretifitas, karya-karya, dan sebagainya.

Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Kemampuan tersebut diantaranya adalah peniruan, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon tampak kompleks, adaptasi dan penciptaan. Ungkap I Dewa Made Artayasa. (wahonagol)
.