BERITA

.

Bimas Hindu, Bina Umat Sekaligus Cek Kondisi Balai Basarah

Kapuas, Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah kembali melakukan pembinaan terhadap umat Hindu di wilayah Kalteng. Setelah minggu lalu di Kecamatan Rantau Pulut Kab Seruyan, kali ini Bimas Hindu mengunjungi Balai Basarah Penyang Hinje Simpei Kecamatan Dadahup Desa Dadahup Kabupaten Kapuas untuk memberikan pembinaan dan peningkatan Sradha dan Bhakti Umat Hindu, Minggu (12/8).  


Kegiatan dimulai dengan ibadah basarah dilanjutkan pembinaan dari Pembimas Hindu, perwakilan Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MB-AHK) Pusat Palangka Raya dan Ketua Majelis Daerah Hindu Kaharingan (MD-AHK) Kabupaten Kapuas. Pembimas Hindu Sisto Hartati mengatakan pembinaan tersebut merupakan wujud dari misi Bimas Hindu yaitu "Peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan agama Hindu serta Peningkatan kualitas pelayanan kehidupan Beragama". 

 Tidak kurang dari 75 orang umat Hindu Kec. Dadahup mengikuti pembinaan bertema "Kita Wujudkan Umat Hindu Yang Rukun dan Taat Beragama". Selain pembinaan, Pembimas Hindu juga memantau kondisi fisik rumah ibadah umat Hindu Kaharingan tersebut. Menurutnya Balai Basarah ini perlu diberikan bantuan untuk melengkapi sarana prasarana yang masih kurang.

 Diantaranya tidak tersedianya fasilitas toilet serta sarana penunjang lainnya. "Segera buat proposal bantuan kepada Bimas Hindu Kanwil Kemenag Kalteng," ucap Sisto Hartati kepada pengurus Balai Basarah Penyang Hinje Simpei. Karena menurut Sisto, syarat keluarnya bantuan sosial harus ada proposal permohonan bantuan dari pengelola rumah ibadah. Kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan kitab suci Panaturan dari Pembimas Hindu Kepada Majelis Resort Agama Hindu Kaharingan (MR-AHK) Kec Dadahup Kabupaten Kapuas. (mga)
.