BERITA

Menag (kanan) saat Lauching Aplikasi SINDU dan E-Pasraman, Santika Premiere Hotel Jakarta, Selasa(12/02)

Launching Aplikasi SINDU dan E-Pasraman pada Pembukaan Rakernas Ditjen Bimas Hindu

Ditjen Bimas Hindu, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pusat, Daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Negeri Tahun 2019, menghadirkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk membuka sekaligus me-Launching 2 (dua) Aplikasi yaitu Aplikasi SINDU (Sistem Informasi Hindu) dan Aplikasi E-Pasraman pada Selasa 12 Pebruari 2019 di Santika Premiere Hotel Jakarta.

Menurut Menag, kini masyarakat kian dinamis, maka datapun ikut berubah sehingga harus selalu diperbaharui agar tidak tertinggal. Bahkan menurut beliau tahun ini seharusnya sudah berbicara informasi, bukan lagi pengumpulan data. 

Penekanan beliau adalah Saya ingin tahun ini pendataan kita terintegrasi dengan baik. Maka untuk itu, diperlukan updating data. Masyarakat kita itu kan dinamis maka datanya pun akan berubah dan berkembang, maka data harus terus updating, sehingga diperlukan sistem yang baik, apalagi kita terbantu dengan perkembangan teknologi. 

Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, maka aplikasi SINDU diharapkan mampu memberikan data yang akurat dan akuntabel serta menjadi acuan dalam pengambilan keputusan agar pelaksanaan program kerja Ditjen Bimas Hindu bisa lebih terukur dalam mencapai sasaran yang diinginkan.
 
Aplikasi E-Pasraman yang dilaunching bersamaan dengan Aplikasi SINDU merupakan sumbangan dari Niti Sastra Institut untuk membantu Guru Pasraman dalam penyampaian materi belajar.  Diharapkan kedepannya seluruh pasraman Hindu se-Indonesia memiliki materi ajar yang seragam serta mudah diakses seiring dengan kemajuan teknologi yang kian pesat, aplikasi ini juga kedepan nantinya akan terintegrasi kedalam Aplikasi SINDU.
  
Maka, SINDU merupakan aplikasi data, satu pintu Ditjen Bimas Hindu. (awwa)

.