BERITA

Penandatanganan Kerjasama Bantuan Pembangunan/Rehabilitasi Tempat Ibadah pada Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali

Penandatanganan Kerjasama Bantuan Pembangunan/Rehabilitasi Tempat Ibadah pada Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali

(Ura Hindu) Denpasar, 25 Maret 2019
Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali melaksanakan kegiatan Penandatanganan Kerjasama Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah bersama Calon Penerima Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah pada hari Senin, 25 Maret 2019 bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali. Kegiatan Penandatanganan Kerjasama Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah ini disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali (I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag) selaku Kuasa Pengguna Anggaran, Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu (Drs. Ida Bagus Mastika, M.Fil.H) selaku Pejabat Pembuat Komitmen dan Kepala Bidang Urusan Agama Hindu (Drs. I Dewa Made Nida Udyana, M.Pd.H) didampingi oleh Kepala Seksi Bidang Urusan Agama Hindu.

Dalam Laporan Ketua Panitia disebutkan bahwa Pura yang namanya telah tercantum dalam Lampiran Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali Nomor 123 Tahun 2019 tentang Penetapan Pemberian Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali Tahun Anggaran 2019 dianggap layak dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan Pura dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali. Pura yang dibantu adalah sebanyak 15 (lima belas) Pura yang tersebar di seluruh KabupatenKota se-Bali dengan masing-masing Pura memperoleh bantuan sebesar Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
 
Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali saat mengawali sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan seluruh calon penerima bantuan untuk hadir bersama-sama dalam Kegiatan Penandatanganan Kerjasama Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah ini. Beliau melalui kesempatan yang baik ini juga menjelaskan bahwa selain bantuan pembangunanrehabilitasi tempat ibadah, Bidang Urusan Agama Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali juga sedianya akan menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana upacara keagamaan. Pada tahun mendatang, seluruh bantuan yang disediakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali akan diumumkan secara online melalui website milik Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali sehingga seluruh umat beragama dapat mengaksesnya dengan mudah dan diharapkan dapat meningkatkan transparansi Kementerian Agama khususnya dalam hal pemberian bantuan.

Di akhir sambutannya, Beliau berharap bantuan yang diberikan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bali melalui Bidang Urusan Agama Hindu ini dapat membantu meringankan upaya umat beragama dalam melakukan pembangunanrehabilitasi tempat ibadah. Namun sebagai bentuk kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan masyarakat, Beliau juga mengungkapkan agar seluruh penerima bantuan nantinya dapat sesegera mungkin memeuhi kewajiban mereka untuk membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dari bantuan yang telah mereka terima sehingga prinsip tepat sasaran dan tepat waktu dapat terpenuhi. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan kerjasama Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah oleh calon penerima Bantuan PembangunanRehabilitasi Tempat Ibadah. (ts)
.