BERITA

Lokasi tempat Turunnya "BAWI AYAH"

Dharmasanti kali ini menekankan pada pengangkatan Situs Sejarah "BAWI AYAH"

Perayaaan Dharmasanti dalam Rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun 2019 kali ini dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau yang bertempat di Balai Besarah BAWI AYAH Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang. Minggu 7 April 2019 Desa Tangkahen ini dipilih sebagai Perayaan Dharmasanti Tingkat Kabupaten Karena terdapat Situs Sejarah tempat Turunnya BAWI AYAH dimana ini merupakan tempat yang disucikan dan disakralkan oleh umat Hindu Kaharingan yang ada di Kalimanatan Tengah.


 Hal ini di buktikan dengan adanya Telaga dan Tangga BAWI AYAH yang hingga saat ini masih terjaga, dengan harapan agar kedepan ada tindak lanjut dari Pemerintah Daerah Guna merawat situs sejarah ini. Ungkap Berson selaku Ketua MD-AHK Kabupaten Pulang Pisau Berdasarkan laporan Panitia Pelaksana, kegiatan ini terlaksana berkat Surat Keputusan Bersama antara PHDI dan MD-AHK Kabupaten Pulang Pisau serta bantuan yang berasal dari DIPA Penyelenggara Bimas Hindu, PHDI, MD-AHK Kabupaten Pulang Pisau dan dari swadaya yang dikalkulasi berjumlah 30,3jt.  

Sementara itu, Sisto Hartati menyampaikan bahwa kegiatan Dharmasanti di Desa Tangkahen ini mulai direncanakan pada tahun sebelumnya tepatnya pada saat melakukan pembinaan umat di Kecamatan Banama Tingang mengingat di Desa Tangkahen memiliki Situs Sejarah Tempat Turunnya BAWI AYAH. Silahkan Panitia buatkan usulan Proposal untuk Pengangkatan Situs Sejarah Turunnya BAWI AYAH kepada Kami di Kemenag Kab. Pulang Pisau dengan tembusan ke Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah Up. Bimas Hindu paling lambat akhir Juni karena direncanakan pada bulan Juli kami akan menyusun Anggaran sehingga dapat dianggarkan untuk tahun 2020. Tegasnya. 

Beliau juga meyampaikan bahwa disetiap Kemenag KabupatenKota kami telah menyiapkan anggaran untuk perayaan Dharmasanti Nyepi Tahun 2019 dengan bahasa Anggaran yaitu Simakrama Diakhir sambutannya beliau mengajak, Mari kita bersama berdoa agar keingin kita yang baik ini dapat terwujud dan terlaksana dengan baik serta mari bersama kita sukseskan Pilpres dan Pileg agar berjalan aman dan damai. Tutup Sisto
.