BERITA

I Dewa Made Artayasa Serahkan Api Abadi Ke Ketua Dewan Salah Satu Ketua Dewan Sangha Buddha

Api sebagai Pelita Kehidupan

Bimas Hindu,  Grobogan. Apai adalah sebagai pelita kehidupan, dengan api maka kita mendapatkan penerangan. Dengan api yang salah satu unsur simbul kehidupan dalam pelaksanaan upacara keagamaan Hindu maupun Buddha. Demikian disampaiakan Pembimas Hindu Jawa Tengah I Dewa Made Artayasa dalam upacara Pengambilan Api Abadi Mrapen umat Buddha (175).

api sebagi Simbul Pelita cahaya dalam upacara keagamaan Hindu maupun Buddha terang I Dewa Made Artayasa.

Lebih lanjut disampaikan I Dewa Made Artayasa Bahawa dengan api maka kita akan mendapakan pencerahan dalam kehidupan karena jika tidak ada api yang menyala maka akan gelap, baik secara unsur matrial maupun unsur dalam diri manusia, akan tetapi api harus dapat dikendalikan karena bila tidak dikendalikan maka akan menjadi akara murka, api dapat membakar segala yang kita miliki.

Api akan menjadi penerang dalam kehidupan manusia baik itu secara matrial maupun dalam kehidupan manusia, maka kita harus dapat mengendalikan api dalam kehidupan kita

Upacara pengambilan Api Abadi dilaksankan di area wisata Api Abadi Mrapen Desa Manggarmas, Godong, Grobogan Jawa Tengaha, kegiatan iniselain diahadiri Pembimas Hindu juga  di hadiri oleh Bupati grobogan yang diwakili Kepala Kesbangpolinmas, Ketua DPRD grobogan, Forkompinda Kabupaten Grobogan, perwakilan dari Pemprov Jawa Tengah serta delapan Sangha Umat Buddha.

Sebelum dilakukan pengambilan api suci terlebih dahulu dilakukan upacara keagamaan buddha dari delapan sangha Buddha, dari setiapa sangha melakukan ritual dengan pembacaan parita dan ritual sesuai dengan sangha-sangha yang ada.

Harapan dari pengambilan api abadi mrapen ini menurut ketua panitian penyelenggara Tanto bahwa dengan api api merupakan sumber kehidupan yang berguna untuk semua, dengan api suci akan mendapat penerangan kehidupan umat manusia di bumi di hari Tri Suci Waisak 2563 BE2019. (wahonogo)

.