BERITA

Pakaian keagamaan 6 agama di Indonesia digunakan dalam acara pameran SAIK Pangkal Pinang

Moderasi Beragama Tema yang Diangkat Kementerian Agama dalam Festival SAIK 2019

Pangkalpinang – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) menggelar Festival SAIK (Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi) Tahun 2019 di Pangkalpinang,Kepulauan Bangka Belitung 23 s.d. 25 Oktober 2019. Festival ini mengangkat tema Kolaborasi Komunikasi untuk Memperkuat Persatuan dan Kedaulatan Bangsa. Adapun subtema dari pertemuan tahunan Bakohumas 2019 ini ialah Peran Humas dalam Menyuarakan Persatuan untuk Memperkuat Kedaulatan Bangsa.

Kementerian Agama menyatakan siap mendukung Festival SAIK 2019. Kesiapan itu ditunjukan dengan mengikutsertakan seluruh Unit Eselon I dalam Event Pameran termasuk Ditjen Bimas Hindu. Event ini melibatkan seluruh Unit Eselon I, jadi ini momentum kita dalam menyampaikan berbagai macam seperti tugas dan fungsi, program, capaian kinerja dan potret Kementerian Agama secara keseluruhan dalam skala yang lebih luas kata Dodo Murtado, Kepala Sub Bagian Hubungan Antarlembaga Biro HDI Kementerian Agama sebelum meninjau kesiapan stand Kementerian Agama (2210).

Beliau juga menjelaskan tema yang akan diangkat Kementerian Agama dalam Festival itu ialah Moderasi Beragama. Moderasi Beragama ini menjadi penting kita sosialisasikan karena sangat relevan dengan kondisi bangsa kita saat ini karena persatuan itu menjadi harga mati, dan sesuai tugas fungsi Kementerian Agama tentang pemahaman beragama yang moderat, ini menjadi salah satu pilar agar NKRI tetap utuh dan publik harus tahu tentang Moderasi Beragama ini, yang mana Moderasi Beragama juga sudah masuk dalam RPJMN (Rencan Pembangunan Jangka Menengah) 2020-2024.

Keuntungan digelarnya Festival SAIK ini adalah mampu mengangkat potensi wisata untuk daerah yang ditunjuk sebagai penyelenggara. Seperti halnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kali ini menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Festival tersebut. Bagi Bangka Belitung tujuan SAIK ini untuk meningkatkan pembangunan wisata, karena Bangka Belitung merupakan salah satu tujuan wisata yang ditetapkan pemerintah yang mana juga nantinya akan ada kegiatan CityTour yang kami fasilitasi untuk menjelajahi objek wisata di 5(lima) KabupatenKota khususnya di Pulau Bangka kata Fadli,S.Ip selaku Panitia Daerah Festival SAIK 2019. (awwa)
.