BERITA

Pelantikan eselon I di gedung Kementerian Agama MH Thamrin

Pelantikan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Tahun 2020

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya hari ini, Senin 10 Agustus 2020, Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi resmi melantik Dr. Tri handoko Seto, S.Si., M.Sc. sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia. Pelantikan dilakukan pukul 13:30 bertempat di Gedung Kementerian Agama, JL MH Thamrin, No.6, Jakarta. Tri Handoko Seto ditetapkan sebagai Dirjen Bimas Hindu melalui Keputusan Presiden yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo tertanggal 3 Agustus 2020.

Proses pemilihan Dirjen kali ini untuk pertama kalinya menggunakan mekanisme baru, yaitu melalui Seleksi Administrasi dan penilaian Tim Seleksi sebelum kemudian diserahkan kepada Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai langsung oleh Presiden RI. Dua proses awal tersebutlah yang merupakan mekanisme baru. Mekanisme ini membuat proses menjadi lebih panjang tetapi sekaligus lebih  transparan, karena melibatkan team seleksi dimana didalam proses team seleksi ada pembuatan makalah, wawancara dan test kepemimpinan. Dari team seleksi terpilih 3 (tiga) nama yang selanjutnya diserahkan kepada Team penilai Akhir.

Tri Handoko Seto yang memperoleh gelar Master dan Doktor dari Kyoto University, Jepang, sebelumnya adalah pejabat karier di Badan Pengajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca. Tri Handoko Seto juga sudah cukup dikenal di kancah organisasi keumatan. Pernah menjabat sebagai Ketua Departemen SDM Dewan Pimpinan Pusat Peradah tahun 2006 – 2009, Tri Handoko Seto kemudian terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) selama dua periode (2013 – 2018 dan 2018 hingga saat ini). 

.