BERITA

Peningkatan Kompetensi Serati Banten dan Pinandita Se Provinsi Banten

KOTA SERANG -BANTEN,  Bimbingan Masyarakat Hindu Kanwil Kementerian Agama ProvinSi Banten mengadakan Kegiatan peningkatan kompetensi Serati banten dan Pinandita se Provinsi Banten di Wantilan Pura Eka Wira Anantha Kota Serang (148). 

Kegiatan ini mengambil tema kita wujudkan pelaksanaan yadnya yang harmonis Berdasarkan sastra agama. Hal tersebut berkaitan dengan situasi New Normal saat ini. Kami mengambil tema tersebut karena untuk penyamaan tata laksana upacara keagamaan saat situasi New Normal (pandemi Covid-19), ungkap Sunarto pembimas Hindu Provinsi Banten. 

Ida Pandita dharma Putra Paseban menjadi narasumber dalam kegiatan ini.  Beliau membawakan narasi meningkatkan kualitas tattwa pinandita dan Serati banten dalam tatanan upacara yadnya semasa pandemi covid-19. Umat Hindu tidak bisa lepas dari proses pelaksanaan yadnya,  baik yang bersifat nityakrama maupun naimitika karma. ungkap Ida Pandita Dharma Putra Paseban.  Kontiniuitas yadnya tersebut tentunya memerlukan sosok Pinandita dan Serati banten yang memiliki tattwa tentang agama. Tattawa disini baik secara teori maupun praktek, imbuh Ida Pandita Dharma Putra Paseban. 

Dalam paparan sebagai narasumber, Ida Pandita Mpu Agra Dwijananda mengungkapkan bahwa Pinandita dan Serati banten harus mampu melaksanakan yadnya yang efektif pada masa pandemi covid-19. pemangku melaksanakan yadnya yang tepat sasaran, dan juga serati banten mampu membuat sarana upakara yang efektif jangan sampai berlebihan dan mengikuti aturan dari pemerintah, ujar Sri Mpu. 

Di lain sesi,  Umat hindu di Banten dalam melaksanakan ritual keagamaan saat masa pandemi wajib mematuhi anjuranhimbauan dari pemerintah yaitu jaga jarak, menggunakan masker dan tidak berkerumun, ujar sunarto selaku Pembimas Hindu. Hal tersebut selalu di laksanakan di setiap rumah ibadah agama Hindu di Provinsi Banten. Tujuannya tidak lain tidak bukan hanya untuk memutus penyebaran Covid-19.

Peserta kegiatan merupakan perwakilan dari lembaga Pinandita Sanggraha Nusantara Korwil Banten sebanyak dua puluh (20) orang dan perwakilan lembaga Serati Provinsi Banten sebanyak dua puluh (20) orang.
.