BERITA

Pembinaan dan Penguatan pengelolaan KKG/MGMP Agama Hindu

Optimalkan KKG dan MGMP untuk tingkatkan Kompetensi Guru Agama Hindu

Bimas Hindu NTB - Kamis 27 Agustus 2020, bertempat di Hotel Jayakarta Lombok Barat di gelar kegiatan  Pembinaan dan Penguatan pengelolaan KKGMGMP Agama Hindu yang mengangkat tema Optimalkan KKG dan MGMP untuk tingkatkan kompetensi Guru Agama Hindu. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Zaidi Abdad yang didampingi Plt. Kepala Bidang Bimas Hindu Desak Ayu Witari Dewi, berkesempatan hadir dalam kegiatan ini untuk membuka secara resmi kegiatan ini dan memberikan masukan serta dorongan positif agar nantinya kegiatan tetap memperhatikan penerapan protokol Kesehatan.

Prinsip dari kebijakan pendidikan di masa pandemi ini adalah sehat dan selamat. Kesehatan dan keselamatan para siswa menjadi prioritas utama, jelas Zaidi Abdab selaku Kakanwil Kemenag  Prov. NTB.

Untuk melaksanakan prioritas tersebut, strategi pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online menjadi tak bisa dihindari. Karena itu, dia menyebut ada sejumlah persyaratan atau kualifikasi professional yang harus dikuasai oleh para guru sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan kreatif. Kuncinya adalah bahwa para guru harus menguasai IT, tegas Kankanwil.
 
Sehubungan dengan ini, seorang guru profesional diberikan kesempatan untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan keprofesionalannya melalui beberapa aspek, yaitu melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah, pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG) dan mengadakan pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 

Sehingga KKGMGMP agama Hindu harus dioptimalkan peran dan fungsinya dalam memfasilitasi para guru untuk meningkatkan kompetensi dan kinerjanya.

Dalam kesempatan ini pula Desak Ayu Witari Dewi yang sebagai Kepala seksi Pendidikan agama Hindu di Kanwil Kementerian Agama Prov. NTB sekaligus selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan mengatakan dalam laporannya bahwa, Kegiatan pembinaan dan penguatan pengelolaan KKGMGMP agama Hindu ini adalah merupakan salah satu program kegiatan yang penting dan akan terus diupayakan dalam program-program DIPA Bimas Hindu NTB khususnya program Pendidikan. 

Ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program yang mendukung program Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI yakni tercapainya Moderasi beragama yang berkualitas dengan mengutamakan peningkatan kualitas SDM diseluruh nusantara.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta 50 orang KKGMGMP perwakilan seluruh KabupatenKota se-NTB, yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 27 s.d 28 Agustus 2020, serta kegiatan ini tetap memprioritaskan penerapan protokol kesehatan.

Ini artinya kualitas SDM guru agama hindu memegang peranan penting dalam mencerdaskan generasi hindu yang moderat, tutup Desak Ayu Witari Dewi.
.