BERITA

Workshop Kualitas Pembinaan dan Pelayanan Umat Hindu

Bimas Hindu Gelar Workshop Kualitas Pembinaan dan Pelayanan Umat Hindu

Palangka Raya, Dalam rangka meningkatkan Kualitas Pembinaan dan Pelayanan Kepada Umat Hindu, Bimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Pembinaan dan Pelayanan Umat yang dikemas dalam Rakor Bimas Hindu. Bertempat di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya dari tanggal 17 s.d 19 September 2020 yang diikuti oleh 75 peserta se Kalimantan Tengah. 

Adapun yang diundang dalam kagiatan Rakor ini yakni terdiri dari Unsur Pimpinan Lembaga Agama dan Keagamaan Hindu diantaranya PHDI Provinsi Kalimatan Tengah sampai tingkat KabupatenKota, MB-AHK Pusat Palangka Raya, MD-AHK KabKota, WHDI, LPDG, PPMP-AHK, PRAJANITI, LDD, ICHI, KMHDI, PERADAH, IAHN-TP Palangka Raya, BPH Prov. Kalimantan Tengah dan dari Unsur Kementerian Agama KabKota se Kalimantan Tengah meliputi  Kasi, Penyelenggara, Penyuluh, Pengawas serta PPNPN Bimas Hindu.

Turut hadir dalam kegiatan Rakor yakni Direktur Urusan Agama Hindu Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI I Nyoman Lastra sebagai Narasumber. Dalam pemaparannya beliau menyapaikan pentingnya Moderasi beragama serta Program Ditjen Bimas Hindu dan juga kegiatan Prioritas Ditjen Bimas Hindu Tahun 2021.

Cara memperkuat moderasi beragama dengan kegiatan yakni memberikan penguatan cara pandang sikap dan praktek beragama Hindu, pengutan system pendidikan agama dan keagamaan Hindu perspektif moderat serta pengelolaan Rumah Ibadah sebagai Sad Dharma yang moderat. Ungkap Lastra. 

Disisi lain, Kepala Bidang Bimas Hindu Sisto Hartati  mengungkapkan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan untuk persamaan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan dan pelayanaan kepada Umat Hindu yang ada di Kalimantan Tengah karena lembaga merupakan system yang kompleks yang mencakup berbagai hal yang berhubungan dengan konsep social, psikologi politik dan hukum.

Peran Lembaga Agama dan Kegamaan memiliki fungsi Manifest sebagai pedoman hidup masyarakat hindu yang mengatur hubungan Masyarakat. Saya harap kita dapat mencapai kesepakatan bersama guna meningkatkan kualitas pembinaan dan pelayananan umat hindu di kalimantan tengah Semakin Maju. 

Kegiatan Workshop peningkatan kualitas pembinaan dan pelayanan umat  Hindu tahun 2020 ditutup dengan melakukan sesi foto bersama serta melakukan dialog antara pimpinan lembaga agama dan keagamaan Hindu yang ada di Kalimantan Tengah. 
.