BERITA

kegiatan Pembinaan Dan Pengembangan Lembaga Agama Dan Keagamaan Hindu

Membangun Umat, Perlu Sinergisitas Antara Pemerintah Dengan Lembaga Agama dan Keagamaan

BimasHinduNTB - Pembinaan dan pengembangan lembaga agama dan keagamaan merupakan langkah konkrit untuk menguatkan dan membina serta mengembangkan lembaga agama dan keagamaan demi meningkatkan peran dan eksistensinya dalam membangun umat. Demikian disampaikan oleh Kakanwil Kemenag NTB , M. Zaidi Abdad dalam pembukaan kegiatan Pembinaan Dan Pengembangan Lembaga Agama Dan Keagamaan Hindu yang dilaksanakan tanggal 18 s.d 20 September 2020 di Hotel Jayakarta Senggigi Lombok Barat dan diikuti oleh 50 peserta utusan organisasi keagamaan Hindu kabupatenkota se NTB, Jumat (189).

Untuk membangun umat, perlu sinergisitas antara pemerintah dengan lembaga agama dan keagamaan. Sinergi dapat diwujudkan salah satunya dengan implementasi Tri Mantra Sakti yang digagas oleh Kementerian Agama, terdiri dari Moderasi Beragama, Kebersamaan Umat, dan Integrasi Data, tutur Kakanwil.

Moderasi beragama merupakan pencegahan terhadap berbagai paham-paham keagamaan radikal, yang berpotensi menjadi gangguan terhadap kerukunan umat beragama di wilayah NTB. Pemahaman yang moderat menyebabkan umat tidak mudah tergelincir ekstrim kanan atau kiri. Kebersamaan umat membuat kehidupan yang beragam penuh dengan kedamaian. Dan di era tehnologi saat ini, Integrasi data merupakan sebuah keharusan guna menghasilkan informasi yang lebih baik, sambungnya.

Melihat peran lembaga agama dan keagaman semakin memiliki posisi yang penting dan strategis, para pemimpin lembaga keagamaan dan tokoh agama  dituntut ikut melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik, bisa menjadi panutan seluruh umat baik dalam menjaga moral dan etika, serta lembaga agama dan keagamaan harus mampu membangun jejaring dengan semua pihak, jelas M. Zaidi.

Ketua Panitia IB Indra Suryadharma menjelaskan, tujuan kegiatan ini merupakan sebagai ajang Simakrama untuk bertemu dan berdiskusi, berbagi informasi, saling mengisi untuk menguatkan dan memantapkan pelayanan kepada umat Hindu, meningkatkan sraddha dan bhakti umat, meningkatnya kerukunan hidup umat beragama, meningkatnya peran-serta umat dalam kegiatan keagamaan dan untuk membangun umat Hindu yang ada di Provinsi NTB.
.