BERITA

Program Dirjen Menyapa PTKH

Dirjen Menyapa #2 Perguruan Tinggi Hindu Agar Menjadi Development Center Pengembangan SDM Hindu

Jakarta - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, Tri Handoko Seto menggelar rapat online dalam program Dirjen menyapa Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH). Dihadiri oleh 102 Peserta yang berasal perwakilan dari PTKH se indoensia, Dirjen Bimas Hindu memberikan sambutan dan arahannya.

Mengawali sambutannya, Dirjen Bimas Hindu mengingatkan Kembali kepada seluruh pimpinan Perguruan Tinggi dan Dosen terkait peran Lembaga Pendidikan Hindu dalam mewujudkan visi presiden dan wakil presiden yang tertuang di dalam RPJM 2020-2024, Rencana strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024 dan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Tahun  2020-2024.

  Berdasarkan RPJM 2020-2024, Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Negeri masih sangat rendah sehingga yang menjadi konsen Bersama adalah menumbuhkan Ekosistem peningkatan daya saing PTKH.  Dirjen Bimas Hindu juga mengatakan bahwa pandemik covid 19 yang melanda indonesia masih belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir, maka perlu untuk menyiapkan transformasi digital untuk mempercepat proses pembelajaran di masa pandemik ini. Tentu hal ini juga  akan menjadi kebiasaan baru di dalam pembelajaran di waktu mendatang. Dengan demikian diperlukan SDM yang mempunyai digital culture. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan Tekhnologi telah berada di Revolusi Industri 4.O dan menuju pada Revolusi Industri 5.O. dimana  dunia digital bersetuhan langsung secara intens dengan manusia. Untuk meningkatkan SDM Hindu yang berkualitas sangat perlu untuk dilakukan di era Revolusi Industrui 5.O ini agar SDM Hindu dapat bersaing di dunia global, dan hal ini paling mungkin untuk dilakukan melalui dunia Pendidikan. Dengan demikian maka, kualitas Pendidikan Hindu khususunya PTKH harus di tingkatkan, untuk mencapai hal tersebut Dirjen Bimas Hindu berharap bahwa para pemimpin dan seluruh stekholder pengelola PTKH harus berani bermimpi untuk dapat mencapai kemapanan baru sehingga Perguruan-Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu se Indonesia dapat menjadi Deplopment Center Pengembangan SDM Hindu sehingga PTKH dapat memiliki reputasi Internasional. 

Peserta rapat sangat antusias mengikuti program Dirjen Menyapa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, dan ini menjadi kesempatan bagi para pengelolah perguruan tinggi untuk menyampaikan berbagai macam kendala-kendala yang dihadapi dalam mewujudlkan cita-cita bersama Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu di Indoneisa. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari para peserta dan berharap dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

.