BERITA

Dirjen menyapa guru dan pengawas pada pendidikan agama dan pendidikan keagamaan Hindu se-Indonesia

Dirjen Menyapa #5 Saatnya Bergerak Bersama Bangun Ekosistem Peningkatan Kompetensi Guru

Selasa, 6 Oktober 2020, Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto menyapa guru dan pengawas pada pendidikan agama dan pendidikan keagamaan Hindu se-Indonesia secara virtual melalui zoom meeting. Kegiatan dihadiri 300-an peserta dari unsur guru agama Hindu, pengawas pendidikan agama Hindu, guru pasraman formal dan non formal serta pengelola pasraman. Selain melalui zoom meeting, kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara live streaming melalui akun youtube Ditjen Bimas Hindu.

Dalam paparannya Dirjen Bimas Hindu menekankan pentingnya bersama -sama membangun ekosistem peningkatan kompetensi guru. Berbagai isue strategis terkait permasalahan guru sudah dikantonginya, diantaranya rasio guru dan siswa yang belum ideal, jumlah guru pns yang minim, masih banyaknya guru dengan kualifikasi pendidikan belum S1, PPG yang sejak 2015 tidak dilakukan dan inpassing guru yang tidak dilakukan sejak tahun 2010. Selain itu banyak pula masukan ke Direktorat terkait kesejahteraan guru, kompetensi guru dan proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Menurutnya berbagai permasalahan itu adalah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan secara sinergis antara Ditjen Bimas Hindu beserta stake holder Hindu lainnya. Selanjutnya Dirjen mengajak agar guru Hindu di masa depan agar tidak gaptek, kreatif, menarik, update informasi dan yang paling penting adalah pengembangan jaringan (networking).

Acara diskusi yang dipandu oleh Kasubdit Pendidikan Dasar, I Made Santika, S.Sos., M.Si berlangsung menarik karena peserta diberikan kebebasan untuk menyampaikan pendapat, kritik maupun saran terkait layanan pendidikan Hindu. Banyak hal yang disampaikan diantaranya permasalah pengelolaan data Dapodik, sertifikasi guru, kurikulum dan peningkatan kompetensi guru. Satu per satu berbagai pertanyaan dijawab langsung oleh Dirjen dan dibantu Plt. Direktur Pendidikan Hindu, Kasubdit Pendidikan Dasar dan kasubdit Pendidikan Menegah.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00 Wib disambut antusiasme guru dan pengelola pasraman dibuktikan dengan daftar tunggu 1 jam sebelum dimulai sudah mencapai kapasitas maksimal. Kegiatan Dirjen menyapa guru dan pengawas ini merupakan rangkaian terakhir dari acara Dirjen meyapa yang berlangsung selama 6 kali kegiatan.

.