BERITA

Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto saat sampaikan materi kegiatan Pembinaan Keluarga Sukinah

Keluarga Bahagia Dibangun Dengan Kontruksi Yang Baik

Jawa Tengah - Pembinaan Keluarga Sukinah yang diselenggarakan kanwil bimas Hindu Jawa Tengah diikuti oleh dua puluh lima keluarga di Kabupaten Kota  Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Hotel Horison Inn Alsaka, Jl. Kyai Saleh Nomor 4, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu, pembinaan ini bertujuan untuk membentuk keutuhan keluarga dengan penguatan nilai-nilai ajaran agama untuk membentuk nilai-nilai perilaku sosial di masyarakat. Menciptakan keluarga Hindu yang Sukino Bhawantu bahagia sejahtera,  keluarga yang taat beragama, dan terciptanya keluarga yang berkarakter dan berbudaya.

Dalam sambutannya, Handoko Seto menyampaikan keluarga yang sejahtera dibangun dengan kontruksi yang baik, membagi tugas dan fungsi saat membina keluarga agar terjadi keselerasan dalam menjalani kehidupan berumah tangga serta memahami tugas dan fungsi dalam keluarga akan memberikan keselarasan dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Tujuan dalam menjabarkan visi-misi Kementerian Agama salah satunya  Peningkatan kualitas umat beragama dalam menjalankan ibadah ritual dan sosial untuk mencapai hal tersebut maka dimulai dari keluarga sebagai bagian masyarakat terkecil. Dalam keluarga membangun nilai-nilai ajaran agama sebagai bekal pembangunan ahlak manusia agama hadir untuk menyejukan setiap hati nurani manusia, maka keluarga sangat memiliki peran penting untuk mencapai implemetasi tujuan peningkatann kualitas umat beragama dalam menjalankan ibadah ritual dan sosial.

Keluarga adalah menjadi bagian dasar dalam pembentukan ahlak mulia dan dalam meningkatkan kualitas agamanya menjadi penyejuk jelas Tri Handoko Seto

Peningkatan keluarga sukinah dalam Hindu bertujuan selain pelestarian manusia juga sebagai masa dimana manusia mewujudkan empat tujuan hidup menurut agama Hindu yaitu Catur Prusa Artha : Dharma, Artha, Kama dan Moksa tutupnya.

.