BERITA

Dirjen Bimas Hindu saat memberikan sambutan dalam acara penganugrahan lomba film pendek Bimas Hindu

"Raga Bali" Film Terbaik Dalam Lomba Film Pendek Ditjen Bimas Hindu

Jakarta (2810). Kementerian Agama melalui Ditjen Bimbingan Masyarakat Hindu menyelenggarakan  Penganugerahan Lomba Film Pendek yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Thamrin, Jakarta Pusat. Acara yang digelar hari ini sebagai puncak dari pelaksanaan lomba film pendek dengan tema Pemuda Hindu Bangkit dan Berkarya. 

Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu Tri Handoko Seto memberikan sambutannya secara langsung serta menyampaikan laporan kegiatan dalam acara tersebut. Acara yang dilaksanakan secara daring atau luring dan disiarkan secara live streaming melalui channel youtube Bimas Hindu. 

Pada kesempatan itu Tri Handoko Seto mengatakan ikrar bersama pemuda-pemudi Indonesia bahwa 
para pemuda pemudi Indonesia sepakat untuk bersatu, sepakat untuk mampu berdiri sendiri, sepakat bersatu menuju kemerdekaan. Sumpah pemuda kali ini yang mengambil tema nasional Bersatu Bangkit memiliki makna yang mendalam. 

Kita harus bersatu tanpa ada perceraiberaian. Perbedaan adalah hal yang biasa namun semangat kita bersama adalah semangat persatuan. Kata Tri Handoko Seto. 

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi juga pada acara tersebut menyampaikan sambutan melalui tapping video. Beliau mengatakan bahwa pemuda harus bangkit dan mampu menghadapi tantangan kedepannya agar tidak dapat terpecah belah. Pada akhir sambutannya beliau membuka acara secara resmi Penganugerahan Lomba Film Penting hari ini. 

Acara yang dimulai pukul 08.00 pagi tersebut berjalan dengan lancar, sampai pada acara puncak penganugerahan lomba film pendek yaitu pengumuman juara lomba film pendek yang paling ditunggu. 

Pembacaan juara 1 lomba film pendek dilakukan secara live dengan mendatangi langsung rumah pemenang tanpa diketahui oleh pemenang lomba. 

Penganugerahan juara lomba film pendek :
Juara 1 : Judul Raga Bali karya I Komang Kusuma Adi
Juara 2 : Judul Untuk Ayah karya I Kadek Agus Dwija Putra. 
Juara 3 : Judul Layu Kembang karya Ida Bagus Putu Bayu Krisna nda. 
Juara Harapan 1 : Judul Swab karya Ini Gede Sujana. 
Juara Harapan 2 : Judul Motivasi Adelia Karya Gusti Made Suka Ariana. 

Pada kesempatan itu pula Puja Astawa  youtuber sekaligus juri pada lomba film pendek tersebut menyampaikan kesan dan pesan dalam pelaksanaan lomba tersebut. 

Acara tersebut dimeriahkan dengan adanya hiburan seperti tarian adat nusantara, dan pembacaan sloka yang dibawakan pemuda Hindu.

Pada pelaksanaan acara tersebut Ditjen Bimas Hindu bekerjasama dengan Peradah Indonesia, KMHDI dan Puja Astawa salah satu youtuber terkenal dari Bali. 

Pemuda Hindu sangat antusias dengan adanya acara seperti ini, melihat banyaknya antusias peserta lomba yang mencapai 198 peserta perorangan maupun kelompok yang berasal dari seluruh Indonesia.
.