BERITA

Tri Handoko Seto Resmikan Tiga Pura Sekaligus

Nabire – Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto dalam kunjungan kerjanya di kabupaten Jayapura dan Nabire, Provinsi Papua, juga mengagendakan peresmian di 3 (tiga) Pura sekaligus pada 19 dan 20 November 2020, selain agenda peresmian Gedung Sekolah Dasar Adi Widya Pasraman Sutasoma.

Tri Handoko Seto bersama rombongannya didampingi oleh Pembimas Hindu Provinsi Papua, I Made Suwena Widyantara, Penyelenggara Hindu Kabupaten Jayapura, Didik Widya Putra dan Penyelenggara Kabupaten Nabire I Putu Gita serta PHDI Kabupaten memulai peresmiannya di Pura Arga Mulya yang berlokasi di Jalan Poros Wanggar Makmur, dengan jumlah umat kurang lebih 50 orang yang sebagian besar dari petani.

Rombongan kemudian bergerak menuju lokasi ke dua yaitu di Pura Surya Bhuwana yang berada di Kampung Bumi Mulia Distrik Wanggar, Pura ini memiliki keunikan, candi gapura depan berkonsep Hindu Jawa, itu dikarenakan umat Hindu disini hampir sebagian besar berasal dari jawa dengan jumlat umat kurang lebih 80 orang yang juga bermata pencaharian sebagai petani.

Pura Dharma Bhakti yang berlokasi di Yaro Makmur menjadi pura ke tiga yang diresmikan pada Kamis (2011), umat disini juga sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani yang juga berasal dari suku Jawa dengan jumlah umat kurang lebih 50 orang.

Diketiga lokasi tersebut, Tri Handoko Seto selalu menyempatkan berdialog dengan umat, hampir sebagian besar menitipkan harapan agar pengembangan pendidikan di Kabupaten Nabire dapat lebih mudah diakses oleh umat, sehingga mampu nantinya berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Nabire. AWWA
.