BERITA

Menteri Agama dalam membuka secara resmi pelaksanaan vaksinasi pegawai Kementerian Agama RI Pusat Senin Pagi (8/3)

3000 Lebih ASN Kemenag Ikuti Vaksinasi, Langkah Kemenag Percepat Putus Rantai Covid 19

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut Senin Pagi (83) membuka secara resmi pelaksanaan vaksinasi pegawai Kementerian Agama RI Pusat di Kantor Kementerian Agama RI di Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta. Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama pegawai Kementerian Agama Pusat ini dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam rapat koordinasi beberapa waktu yang lalu yakni dimulai tanggal 8-12 Maret 2021. 

Gus Yaqut dalam arahannya mengharapkan jajaran Kementerian Agama terus berkoordinasi dengan kementerian kesehatan sebagai leading sector pelaksanaan vaksinasi secara nasional untuk mencapai target vaksinasi di seluruh Indonesia yang diharapkan bisa mencapai 1 juta orang perhari. Saat ini pelaksanaan vaksinasi masih jauh dari target yakni baru mencapai 200 ribu orang perhari. Jajaran-jajaran Kementerian Agama diharapkan terus melakukan trace atau pencarian terhadap tokoh-tokoh agama yang belum mendapatkan vaksin. Hal ini penting mengingat masih ada beberapa masyarakat yang menganggap vaksin tidak penting. Ini penting karena apa kita tahu masih ada sebagian meski tidak terlalu banyak, sebagian kecil dari masyarakat Indonesia masih menganggap vaksin ini tidak perlu, vaksin ini haram, saya kira kita tidak perlu banyak berargumentasi, memperpanjang narasi cukup saja tokoh-tokoh agama kita hadirkan untuk divaksin saya kira itu sudah menjawab Tegas Menteri Agama RI, Gus Yaqut. 

Menteri agama juga berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama untuk tetap menjaga protocol kesehatan meski sudah disuntik vaksin. Yang kedua bapak ibu sekalian saya juga ingin sampaikan setelah di vaksin ini jangan terus mentang-mentang sudah divaksin terus bebas gtu, saya minta protokol kesehatan tetap diterapkan, tetap memakai masker, rajin mencuci tangan men jaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas sebagaimana pesan kita dijajaran kementerian agama, jadi jangan terus divaksin, malamnya  terus pesta-pesta itu tidak boleh, vaksin harus jaga ini, harus dijaga betul, setelah vaksin protokol kesehatan tetap dijaga, tidak boleh teledor kenapa bapak ibu sekalian, kalo penyakit yang lain, mau meninggal, meninggal sendiri aja, tapi kalo covid ini kalo meninggal ajak-ajak. Jadi jangan sampai kita ini menjadi sebab penderitaan orang lain Tegas Menteri Agama

Pelaksanaan vaksin pegawai Kementerian Agama RI Pusat dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dibawah koordinasi Kapus Kesehatan dan Haji melibatkan 8 tim petugas vaksin dengan rincian 32 orang tenaga medis dan 48 orang tenaga non medis . Adapun jumlah pegawai yang bakal divaksin di kementerian agama Pusat ini sebanyak 3.600 pegawai. Pada hari pertama di vaksin sebaganyak 670 orang yang merupakan pejabat eselon 1 dan 2 serta perangkat menteri dan kesekjenan. Pegawai pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu dijadwalkan akan menerima vaksinasi pada Hari Kamis (123) nanti. 

.