BERITA

RENCANA KERJA PENYULUH AGAMA HINDU

Palu (DBH) Penyuluh Agama Hindu adalah ujung tombak instansi/pemerintah dalam pembinaan umat Hindu, merupakan corongnya Kementerian Agama. Dalam melaksanakan kinerjanya, penyuluh wajib memiliki program pelayanan yang baik pada umat. Dalam pelaksanaan penyuluhan wajib memiliki wawasan yang luas dan harus memperhatikan aspek lokal genius atau multikulturalisme.

Oleh karena itu, Ditjen Bimas Hindu IB Yudha Triguna melalui Kasubdit Penyuluhan Direktorat Urusan Agama Hindu setiap tahun selalu berusaha meningkatkan kwalitas profesionalisme dan wawasan penyuluh agama Hindu. Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan,orientasi, dan workshop. Dalam hal memperlancar pelaksanaan operasional penyuluh, Ditjen Bimas Hindu telah memberikan bantuan sepeda motor dinas bagi penyuluh-penyuluh Agama Hindu yang tersebar di seluruh Indonesia. Kita memiliki 187 Penyuluh PNS dan 2.700 penyuluh non PNS di seluruh Indonesia. Dari 187 orang penyuluhPNS, sudah hampir semuanya difasilitasi kendara dinas. Seperti yang telah disampaikan Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. IBG Yudha Triguna, MS. Dalam pembukaan kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Kerja Penyuluh Agama Hindu Tahun 2013 yang dilaksanakan di Palu, Sulawesi Tengah dari tanggal 29 September s.d. 1 Oktober 2013 di Swiss-belhotel Silae Palu.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Urusan Agama Hindu, I Ketut Lancar, SE,M.Si., Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua Parisada Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua Yayasan Dharma Kerti, Ketua STAH Dharma Sentana, dan beberapa pengurus lembaga keagamaan Hindu yang ada di Sulawesi Tengah. (pp)

.