BERITA

Pelaksanaan Tradisi Kenduri

Yayasan Ganesa Parwati Gelar Tradisi Kenduri

Bayuwangi – Tradisi kenduri merupakan tradisi turun menurun yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa. Kenduri atau kenduren adalah ritual selamatan yang mengundang warga untuk ikut mendoakan serta memohon kepada Hyang Widhi WasaTuhan Yang Maha Esa agar pelaksanaan kegiatan atau hajatan dapat berjalan dengan baik. 

Pasraman Formal, tingkat Utama Widya Pasraman yang ada dibawah Yayasan Ganesa Parwati pada Kamis (14) menggelar prosesi peletakan batu pertama dengan mengundang Dirjen Bimas Hindu beserta jajarannya pada Direktorat Pendidikan Agama Hindu. 

Berada di lingkungan masyarakat Jawa dengan lokasi pasraman di Jalan Raya Grajakan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur  yang kemudian juga membuat tradisi kenduri ini tetap dilaksanakan sebelum acara dimulai. Dipimpin oleh sesepuh Edi Sugito,S.Pd ritual kenduri itupun berjalan lancar.

Beliau yang juga sekaligus mengajar Yoga di Pasraman ini berharap agar tradisi turun temurun ini terus dilestarikan. Ya, karena kami masyarakat jawa, dan pasraman ini berlokasi di tanah jawa maka kami pun melaksanakan tradisi kenduri ini untuk mendapat restu dari Hyang WidhiTuhan Yang Maha Esa, serta doa dari masyarakat sekitar agar pelaksaan kegiatan pada hari ini berjalan lancar. Beliau juga senang acara ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. AWWA
.