BERITA

Hadir di Sultra, Dirjen Bimas Hindu Serahkan Bantuan ke Pura Dalem Temu Sari, Konawe Selatan

Kendari, (Humas Sultra) --- Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto, berkesempatan hadir dan menyerahkan secara langsung bantuan Rehab ke Pura Dalem Temu Sari, desa Wonua Morini, Kab. Konawe Selatan, jumat, (304).

Penyerahan bantuan rehab ini serangkaian Kunjungan kerja Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu Di Provinsi Sulawesi Tenggara sekaligus bertatap muka langsung dengan umat Hindu di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bantuan rehab senilai 150 juta ini secara simbolis diterima oleh kelian Adat Temu Sari Desa Wonua Morini, Nengah Budiarta, bertempat di pelataran Pura Dalem Temu Sari.

Turut mendampingi pada penyerahan tersebut, Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Fesal Musaad, Pembimas Hindu, I Komang Sukeyasa, Ketua PHDI Sultra, I Nyoman Sudiana, Kasi Bimas Hindu Kab. Konsel, Penyuluh Agama Hindu non PNS Kab. Konsel dan segenap tokoh Adat dan Agama Hindu Desa Wonua Morini.

Dalam sambutannya, Tri Handoko sangat mengapresiasi masyarakat hindu dalam semangatnya membangun fasilitas keagamaan,  melakukan kegiatan keagamaan, terutama semangat membangun kerukunan di Prov. Sultra.

Dalam kesempatan tersebut pula, Tri Handoko menekankan tentang pentingnya menjaga kerukunan. Menurutnya kerukunan merupakan hal utama yang perlu dibangun oleh masyarakat Indonesia dengan banyaknya suku, bahasa, dan agama dan budaya yang melekat dari Bangsa Indonesia. 

Hal utama yang perlu dibangun masyarakat Indonesia yaitu kerukunan antar sesama manusia. Indonesia dengan berbagai suku, bahasa, budaya, dan agama merupakan hal yang perlu dipertahankan dan dijaga dengan menciptakan kerukunan antar sesama manusia, ungkap Tri Handoko.

Sebanyak apapun  yang dibangun pemerintah, akan hilang dalam sekejap jika kita tidak hidup rukun antar sesama manusia, tegasnya. 

Diakhir sambutannya, Tri Handoko menitip pesan kepada masyarakat Hindu di Sultra, untuk terus menjaga kualitas intern umat hindu, saling bergotong royong, menghargai antar sesama pemeluk agama, juga membantu antar sesama umat manusia, harapnya. 

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI atas bantuan rehap pembangunan Rumah Ibadah Pura Dalem Temu Sari. Dirinya berharap pembangunan pura ini bisa menjadi tempat pembinaan kualitas umat hindu, baik dari sisi spritual juga kualitas amaliah sosial.

pembangunan rehap ini, semoga bisa menambah kualitas pembinaan umat hindu, baik dari sisi spiritual maupun amaliah sosial, yang hasilnya menjadikan kita bersama membangun dan menjaga persatuan antara sesama saudara seagama, ungkap Kakanwil.

Fesal Musaad juga menambahkan, bahwa pertemuan tersebut pula sangat mahal nilainya karena dihadiri langsung oleh Dirjen yaitu Dirjen Bimas Hindu. Oleh karenanya, Kakanwil menilai pertemuan tersebut sebagai bentuk silaturahmi guna mengatasi masalah secara bersama-sama dan memahami satu sama lain dalam upaya membangun umat, bangsa, dan negara. 

Mudah-mudahan kehadiran Dirjen dan juga pertemuan ini membawa kemaslahatan dan keberkahan  bagi masyarakat di Prov. Sultra, tutup Kakanwil.
.